Dirgahayu Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Ke-21 Kota Tomohon

Tomohon, Fajarmanado.com – Kejaksaan Negeri Tomohon memperingati Hari Ulang Tahun IAD (Ikatan Adhyaksa Dharmakarini) ke-XXI Tahun 2021 melalui Video Conference di Aula Kejaksaan Tomohon, Rabu (21/7/2021).

Acara yang bertemakan “Peduli Keluarga dan Bangsa ini dibuka langsung oleh Ketua Umum IAD, Ibu Sruningwati Burhanuddin di Kantor Kejaksaan RI, Jakarta dan diikuti serentak seluruh “korps baju cokelat” di tanah air secara daring.


Khusus di Kejaksaan Negeri Tomohon, peringatan Adhyaksa Dharmakarini tahun 2021 ini, dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Fien Ering, SH, MH, diikuti oleh Kapala Seksi Intelijen Oktavianus Stevanus Tumuju, SH, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Chairul Mokoginta, SH, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Dapot Manurung, SH, Kepala Seksi Barang Bukti Dan Barang Rampasan Rastin Mokodompit, SH beserta para pegawai dan pengurus Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan Negeri Tomohon.

Mengawali sambutannya, Ketua Umum IAD menyampaikan Peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) tahun ini, masih diselenggarakan disaat bangsa Indonesia mengalami masa darurat pandemi covid-19. Serangan virus corona selama kurang lebih 1 tahun 4 bulan ini, semakin tidak terkendali dan sangat mengkhawatirkan. Lonjakan yang terpapar Covid-19 secara nasional setiap harinya meningkat dratis. Banyak tokoh – tokoh besar, keluarga, saudara, kerabat, dan paramedis sebagai garda terdepan telah menjadi korban keganasan covid- 19.

Oleh karenanya sebagai bentuk keprihatinan akan kondisi bangsa ini, peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yang ke-21 tahun ini sama seperti tahun yang lalu, kita selenggarakan dengan penuh kesederhanaan, jauh dari kesan hura – hura, namun tanpa mengurangi makna dan arti peringatan HUT itu sendiri. Pada peringatan kali ini juga, tetap kita laksanakan secara virtual, melalui video conference karena kehadiran fisik para undangan mengikuti acara ini dibatasi mengikuti standar protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Ketua Umum IAD mengingatkan, sebagai seorang anggota organisasi Ikatan Adhyaksa Dharmakarini dan seorang warga negara adalah menjadi kewajiban kita semua untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam mengantisipasi dan meminimalisir serta memutus mata rantai penularan virus yang semakin mengkhawatirkan ini.

Tema dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tahun 2021 ini yaitu : “Peduli Keluarga dan Bangsa “.

Tema tersebut, katanya, sangat penting dan relevan melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini. Kepedulian kita semua sangat dibutuhkan untuk menguatkan sendi – sendi kehidupan bangsa ini. Kekuatan terbesar suatu bangsa ada pada ketahanan nasionalnya.

Menurutnya, terwujudnya ketahanan nasional bangsa tidak bisa lepas dari peran keluarga. Keluarga merupakan unit terkecil dan pilar utama dalam membangun suatu bangsa untuk menentukan bangsa kita kedepannya.

Ketahanan keluarga yang terbentuk dari keluarga yang sehat, harmonis, penuh cinta kasih dengan dasar keimanan yang kuat serta kekayaan intelektual yang mumpuni, akan menentukan karakter individu yang berkembang menjadi karakter suatu bangsa.

“Disinilah peran ibu – ibu semua anggota IAD di manapun berada sangat dibutuhkan untuk mampu memposisikan diri dengan baik, selaras dan seimbang sebagai seorang ibu teladan bagi putra putri kita, sebagai istri yang baik bagi suami dan sebagai anggota IAD yang penuh potensial dan warga negara yang bermanfaat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Dikatakan, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini merupakan organisasi sosial kemasyarakatan dengan berbagai program kerjanya yang menyentuh masyarakat luas.

Di tahun 2021 ini, lanjut dia, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini mengambil bagian dalam membantu korban bencana alam seperti banjir di Kalimantan Selatan, gempa bumi di wilayah Sulawesi Barat, banjir bandang dan angin kencang di Nusa Tenggara Timur, yang banyak menelan korban jiwa.

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yang ke-21 tahun 2021 dengan berbagai kegiatan bakti sosial, yaitu pemberian vaksin kepada masyarakat umum dan anak 12 – 18 tahun, pemberian bantuan kepada panti asuhan, pemberian tali asih kepada anggota kehormatan serta pegawai honorer, pemberian bantuan kepada warga yang berdampak covid-19 ataupun kegiatan sosial lainnya telah dilaksanakan oleh Ikatan Adhyaksa Dharmakarini di berbagai tingkatan di seluruh indonesia.

Oleh karenanya, lewat kesempatan yang istimewa ini, Ketua Umum IAD menyampaikan ungkapan rasa bangga dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua ibu-ibu anggota IAD, baik yang di pusat maupun di seluruh wilayah Indonesia, yang ikut berpartisipasi memberikan bantuan dalam bakti sosial kemanusiaan ini.

Ketua Umum IAD selanjutnya berharap aksi sosial dan solidaritas tidak terhenti sampai disini. Masyarakat luas masih sangat mengharapkan dan menunggu kepedulian kita semua. Untuk itu, kepada seluruh anggota IAD agar terus membangun empati diri dan kepedulian sosial.

“Melalui organisasi Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, mari mewujudkan karya nyata dengan berbagai kegiatan aksi sosial yang menyentuh langsung masyarakat umum, serta harus menunjukan keberadaan dan eksistensi organisasi IAD pada masyarakat luar. Sekecil apapun bantuan dan kepedulian kita akan sangat berarti bagi saudara saudara yang membutuhkannya,” katanya.

Selanjutnya, Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ny. Sruning Burhanuddin menitipkan pesan-pesan kepada segenap anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat, Wilayah dan Daerah di seluruh Indonesia:

Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa karena apapun yang telah kita perbuat adalah berkat dan karunia dari yang Maha Kuasa;

Jaga kesehatan diri dan keluarga, tingkatkan kewaspadaan akan penyebaran covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan mematuhi semua anjuran pemerintah untuk kebaikan bersama dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di negeri kita;

Tingkatkan kepedulian sosial, rasa empati kepada sesama. Jaga selalu kekompakan, kebersamaan, saling menyayangi baik dalam berorganisasi, dalam keluarga besar Adhyaksa maupun bermasyarakat;

Sisihkan waktu, pikiran dan tenaga untuk mendukung kemajuan organisasi dengan tidak melupakan kodrat sebagai seorang ibu yang penuh kasih sayang dalam mendidik putra – putri dan sebagai istri seorang penegak hukum yang senantiasa mendampingi suami dimanapun bertugas;

Tingkatkan kualitas diri dan potensi diri untuk pencapaian kinerja yang optimal sesuai dengan tujuan organisasi Ikatan Adhyaksa Dharmakarini;
Senantiasa menjaga harkat dan martabat keluarga, citra organisasi dan kehormatan institusi kejaksaan dengan menjaga tutur kata, sikap, perbuatan serta bersahaja dalam keseharian.

Sebelumnya, Jaksa Agung RI Dr. Burhanuddin selaku Ketua Pengawas IAD menyampaikan Peringatan HUT IAD tahun ini terasa sangat istimewa karena diselenggarakan di masa bangsa Indonesia masih berjuang keras mengatasi pandemi Covid 19.

Untuk itu, Jaksa Agung RI menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran pengurus IAD baik di pusat maupun daerah, atas berbagai upaya yang dilakukan untuk memperkokoh eksistensi organisasi melalui aneka program berkualitas untuk mensejahterakan keluarga, serta mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Korps Adhyaksa ditengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19., serta mengucapkan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para ibu atas kesabaran dan ketulusan khususnya dalam menjaga kesehatan fisik dan mental keluarga selama masa pandemi Covid-19.

Peringatan hari ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tahun ini mengangkat tema: “PEDULI KELUARGA DAN BANGSA” adalah pemilihan tema yang sangat tepat, karena tema ini memiliki makna yang dalam juga humanis. Kepedulian insan Dharmakarini sebagai bagian dari keluarga besar Adhyaksa merupakan salah satu tiang utama yang memberikan warna tersendiri dalam memperkuat keharmonisan keluarga, karena kejayaan institusi maupun kemajuan bangsa bermula dari kehangatan keluarga.

Jaksa Agung RI menyampaikan kiprah dan karya ikatan Adhyaksa Dharmakarini haruslah nyata dirasakan baik oleh anggota ikatan itu sendiri maupun masyarakat umum, terlebih dalam situasi masa pandemi seperti saat ini tentunya karya dan bhakti nyata Adhyaksa Dharmakarini sangat ditunggu masyarakat, dan oleh karenanya Jaksa Agung RI mendukung berbagai kegiatan sosial yang telah diselenggarakan oleh IAD baik pusat maupun daerah, yang diharapkan dapat meringankan beban mereka yang sedang dirundung kesusahan, dan tentunya rangkaian kegiatan sosial yang sering diselenggarakan oleh IAD memiliki peran stategis yang mampu berkontribusi dalam membangun citra Kejaksaan sebagai institusi penegak hukum yang humanis dimata masyarakat.

Jaksa Agung RI mengimbau agar para Pengurus IAD senantiasa menjaga kedudukan dan kepercayaan yang telah diberikan dengan selalu memberikan teladan bagi masyarakat, berperilakulah dengan pola hidup sederhana dalam keseharian diruang publik, dan gunakan media sosial secara bijaksana. Terlebih saat ini kita masih berjuang menghadapi Covid-19, bangun sense of crisis agar tidak melukai hati masyarakat.

Mengakhiri sambutannya, Jaksa Agung RI mengingatkan bahwa perjuangan melawan pandemi belum berakhir sehingga meminta kerja sama seluruh keluarga besar IAD dimanapun berada untuk selalu menjadikan dirinya sebagai contoh dalam penerapan protokol kesehatan yang benar kepada masyarakat. Pandemi ini hanya dapat diakhiri dengan kerja keras dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat.

Atas nama pimpinan Kejaksaan RI, Jaksa Agung menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun dan Dirgahayu Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Ke-21.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemberian santunan pendidikan untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Umum (SMU) secara simbolis oleh Ketua Umum IAD, Penyerahan Piala kepada Pemenang Karya Tulis dan Pemotongan Tumpeng, serta pemotongan kue ulang tahun oleh Ketua Umum IAD.

 

Usai mengikuti Vidcon dengan Kejaksaan se Indonesia, Kejaksaan Negeri Tomohon melaksanakan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Sam Ratulangi Tondano.
Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang di pimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Fien Ering, SH, MH dan sekaligus melakukkan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Sam Ratulangi Tondano yang di ikuti para Kasi, pengurus IAD, dan pegawai Kejaksaan Negeri Tomohon.

 

Kapala Seksi Intelijen Oktavianus Stevanus Tumuju, SH, setelah di wawancara oleh awak media menyampaikan Bahwa kegiatan berjalan dengan aman dan terkendali serta memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.
Penulis: Jerry Michael