oleh

Pangdam Pattimura Safari Serahkan Hewan Kurban

Ambon, Fajarmanado.com – Dua hari menjelang Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada 20 Juli 2021, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin  melakukan safari penyerahan hewan kurban di Kota Ambon, Minggu (18/7/2021).

Penyerahan hewan kurban berupa sapi dan kambing untuk masyarakat ini diawali Pangdam Jeffry di Masjid Al Fatah yang diterima Imam besar, H. Hasanusi.

Setelah menyerahkan satu ekor sapi di Masjid Al Fatah, Pangdam Jeffry dan rombongan menuju negeri Seith di Kecamatan Leihitu. Dimana warga negeri Seith ini masih ada garis keturunan dengan masyarakat suku Kei.

Ketika berada negeri Seith, yang dikenal masih ada garis keturunan dengan masyarakat suku Kei ini, Pangdam Jeffry juga menyerahkan hewan qurban.

Baca Juga :  Astaga! 4 Anggota Ditsamapta Polda Maluku Dipecat Gegara Ini

Dalam sambutannya, Pangdam Jeffry mengatakan bahwa hewan qurban ini sebagai simbol kebersamaan.

“Teruntuk basudara umat muslim yang akan menyambut Idul Adha, penyerahan hewan kurban ini sebagai wujud persatuan dan kebersamaan antar sesama, semoga menjadi pahala yang diterima Allah SWT,” katanya.

Sementara itu, Habib Rizqi Al Hamid, seorang ulama asal Seith, sekaligus sahabat karib Pangdam, mengucapkan terima kasih kepada Pangdam Jeffry.

“Saya mewakili masyarakat Seith dan seluruh ulama di Maluku mengucapkan banyak terima kasih atas jalinan kebersamaan dengan bapak Pangdam yang diawali sejak Idul Fitri lalu hingga saat ini. Semoga silaturahmi dengan Kodam Pattimura bisa berlanjut untuk seterusnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Diterima Kasdam Brigjen Samuel, Tim Kepresidenan Deputi V Tinjau Penanganan Covid 19 di Kota Ambon

Pada kesempatan itu, Pangdam Jeffry berkenan melihat benda- benda peninggalan yang menunjukkan asal muasal nenek moyang keturunan negeri Seith. Benda bersejarah milik Nenek Bin Uas yang berasal dari Kei itu, tersimpan rapi di rumah tua sejak tahun 800an.

Selain itu, Pangdam juga menyerahkan hewan qurban satu ekor sapi untuk Makodam XVI/Pattimura, satu ekor kambing untuk masyarakat Kei di Ambon dan satu ekor kambing untuk pemuda Kei di Jakarta.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed