oleh

Pangdam Pattimura Motivasi Ratusan Siswa dan Pemuda Peserta Penataran Kader Bela Negara

Ambon, Fajarmanado.com – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin memimpin acara api unggun jelang penutupan penataran kader bela negara di lapangan Rindam XVI/PTM, Jumat (16/7/2021), tadi malam.

Penataran bertemakan semangat api bela negara yang belangsung selama 3 hari, selang tanggal 15-17 Juli 2021 tersebut diikuti 100 siswa dan pemuda dari berbagai sekolah dan ormas dari Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Selama penataran, para peserta mendapatkan materi, antara lain, Pancasila, Wawasan Kebangsaan, Bahaya Narkoba, Terorisme/Radikalisme dan Sadar berbangsa bernegara.

Oleh karena itu, panitia mendatangkan Pemateri atau Nara Sumber tidak saja berasal dari TNI tetapi juga melibatkan tokoh sesuai bidangnya, seperti AKP Jufri Jawa, Kasat Narkoba Polres Ambon dan Sekretaris MUI Maluku, Ustadz Abdul Manan.

Baca Juga :  Dilantik Wagub Barnabas Orno, Maluku Sah Miliki Badan Promosi Pariwisata

Dengan materi tersebut peserta terbentuk menjadi generasi muda yang berkepribadian, disiplin dan berjiwa nasionalisme yang tinggi.

“Para peserta adalah generasi muda harapan bangsa yang berjiwa patriotisme, berkarakter, berwawasan kebangsaan dan cinta tanah air guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Pangdam Jeffry.

Pangdam Jefry juga mendorong dan memberi semangat kepada kader bela negara.

“Bahwa kita di Maluku pernah mengalami sejarah yang begitu buruk, sehingga dari kalianlah hal tersebut tidak akan boleh lagi terjadi, dari kalianlah harus berubah menjadi generasi Maluku yang baik yang saling sayang menyayangi dengan tidak saling curiga dan melihat perbedaan sebagai satu harmoni yang indah. Saya berharap dari kalian lah akan muncul calon pemimpin Maluku masa depan, menggantikan pimpinan-pimpinan TNI, Polri maupun pemerintahan,” tuturnya.

Baca Juga :  Astaga! 4 Anggota Ditsamapta Polda Maluku Dipecat Gegara Ini

Pada akhir amanatnya, Pangdam Jeffry berpesan agar para peserta nanti dapat tetap saling berkomunikasi dalam suatu wadah untuk saling mengisi dan menguatkan sebagai sesama alumni bela negara.

“Kalau semua itu dilakukan sangat bermanfaat bagi masa depan kalian,” tandasnya.

Penulis: Katie Mailoa

News Feed