Resmikan Sarpas Kesatrian Tawiri, KASAL Yudo Margono Apresiasi Gubernur Murad Ismail

Ambon, Fajarmanado.com – Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono memberikan apresiasi kepada Gubernur Maluku, Murad Ismail.

KASAL Yudo Margono mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku di bawah kepemimpinan Gubernur Murad Ismail yang memberikan dukungan penuh atas terbangunnya sarana dan prasarana (Sapras) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal IX) di Kesatrian Tawiri, Desa Tawiri, Teluk Ambon.

Pembangunan sarpras ini, kata KSAL Yudo Margono, untuk pembangunan Ksatrian Tawiri dalam mendukung tugas pokok TNI AL di Kesatrian Tawiri. Di antaranya, sebagai pemandu pelaksana dukungan Rebase, Replenishment, Repair, Rest dan Recreation.

“Kami sangat berterima kasih atas sarana prasarana yang diberikan ini sehingga dapat mendukung tugas pokok pangkalan,” ungkap KSAL.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh KASAL, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita oleh Ketua Umum Jalasenastri, Vero Yudo Margono.

Selain Gubernur, sejumlah pejabat tinggi daerah lainnya juga hadir.

Antara lain, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahwarin, Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, Kajati Maluku Rorogo Zega, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono dan Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas Dhewo.

Sarpras milik Kesatrian Tawiri ini, berupa dermaga dan docking bagi kapal perang.

Di dalamnya, ada fasilitas penampung kebutuhan logistik seperti pengisian bahan bakar dan air tawar. Juga terdapat Mes bagi para prajurit. Kemudian terdapat masjid, gereja, fasilitas olahraga, area joging track dan perkantoran.

Letak Kesatrian Tawiri diketahui berada di lokasi yang strategis. Keunggulan ini, sekaligus untuk mendukung berbagai tugas pokok pangkalan TNI AL di wilayah timur Indonesia.

Kesatrian ini, kata KASAL, merupakan pangkalan utama untuk Provinsi Maluku selain yang berada di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Mengingat jangkauannya sangat dekat dengan Australia.

“Di Saumlaki, akan kita bangun pangkalan utama. Sebab, disana merupakan salah satu daerah strategis untuk mengembangkan tugas kita dalam menjaga perbatasan bagian laut,” ungkap  KASAL Yudo Margono.

Penulis: Katie Mailoa