oleh

Demi Cinta NKRI, Ketua Dewan Ini Dorong Kumandangkan Lagu Indonesia Raya Setiap Hari

Tomohon, Fajarmanado.com –Ketua DPRD Kota Tomohon, Djemmy Sundah, SE menegaskan supaya ditempuh langkah konkret yang membudaya sehingga kecintaan warga negara terhadap NKRI semakin meningkat dan abadi.

Djemmy, sapaan karib Ketua Dewan Kota Tomohon ini mengusulkan bahwa untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan rasa kebangsaan serta rasa cinta tanah air, setiap warga negara, termasuk seluruh Kota Tomohon, harus didorong agar mengumandangkan Lagu Indonesia Raya setiap hari.

Politisi Partai Golkar itu mengusulkan agar setiap jam 10.00 WITA hari kerja, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan melalui media-media elektronik seperti radio maupun pengeras suara di kantor-kantor pemerintah, Kantor Kelurahan dan di sarana2-sarana publik di Pusat Kota, Kendaraan Umum dan lainnya.

Rutinitas harian ini, menurut Djemmy, perlu dilakukan supaya setiap warga negara akan teringat yang dengan sendirinya bakal tumbuh kesadaran dan rasa cinta tanah air dalam diri.

Di sisi lain, lanjut dia, karena masih dalam ancaman Pandemi Covid 19, upacara yang biasanya dilaksanakan di setiap instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah pada hari Senin dapat ditiadakan demi mencegah penyebaran Covid 19.

“Tapi rutinitas dikumandangkan Lagu Indonesia Raya setiap hari kerja pada jam tertentu harus dibudayakan. Bukan hanya melalui media elektronik tapi juga oleh semua pihak, apalagi ASN dan para siswa,” ujarnya kepada wartawan di Tomohon, Rabu (8/6/2021)

Sikap nasionalisme, Djemmy bilang, diperlukan untuk mengembangkan semangat kebangsaan.

Semangat itu, antara lain, dapat diwujudkan dengan mematuhi peraturan perundangan-undangan dan hukum negara yang berlaku, termasuk melestarikan budaya bangsa Indonesia.

“Ini adalah salah satu cara untuk membangkitkan semangat nasionalisme yang cinta tanah air tanpa sekat suku, agama, ras dan antar golongan yang amat majemuk di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” paparnya.

Penulis: Laura Sumilat

Editor : Maxi Heru

News Feed