oleh

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Senator SBANL dan Idham Ajak Warga NU Kota Yogja Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Yogjakarta, Fajarmanado.comDuet Anggota MPR RI, Ir. Stefanus BAN Liow, MAP dan Idham Samawi mengajak pimpinan Nahlatul Ulama (NU) Kota Yogjakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta untuk senantiasa bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Ajakan Senator SBANL, sapaan Ir. Stefanus BAN Liow, MAP dari  Kelompok DPD RI dan Drs. Muhamad Idham Samawi, Fraksi PDI Perjuangan DPR RI/Yogyakarta tersebut disampaikan ketika tampil sebagai Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (6/6/2021).

Sosialisasi yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat tersebut diikuti peserta yang terdiri dari Pimpinan NU, Fatayat NU dan Muslimat NU se Kota Yogyakarta.

Senator SBANL dan Idham Samawi mengajak peserta menjadi motor untuk mengajak masyarakat agar senantiasa mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga :  Hore! Sekolah Memiliki Siswa di Bawah 60 Tetap Terima Dana BOS Tahun 2022

Persatuan dan kesatuan harus dirawat, meski berbeda agama, suku, bahasa, adat istiadat karena sesungguhnya perbedaan itu adalah kekayaan dan kekuatan bangsa Indonesia sejak awal perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia.

Senator SBANL alias Stefa, Sapaan karib Anggota DPD RI/MPR RI yang juga Wakil Ketua Kelompok DPD RI di MPR RI ini, mengatakan bahwa Pancasila mempersatukan keanekaragaman dan kemajemukan bangsa.

Pancasila menjadi dasar dalam mengatur penyelenggaraan negara dan seluruh warga negara Indonesia. Pancasila sebagai ideologi negara, dapat dimaknai sebagai sistem kehidupan nasional yang meliputi aspek etika/moral, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan dalam rangka pencapaian cita-cita dan tujuan bangsa yang berlandaskan dasar negara.

Untuk itu, SBANL menegaskan Pembumian Pancasila menjadi tugas bersama seluruh penyelenggara negara, elemen masyarakat dan komponen bangsa, termasuk Warga NU Kota Yogyakarta, di dalamnya Fatayat dan Muslimat.

Baca Juga :  Panglima TNI Terima Laporan Kenaikan Pangkat 25 Pati, Inilah Daftar Namanya

Sebelumnya, Drs. Idham Samawi, Bupati Bantul selama dua periode ini menjelaskan sejarah perumusan Pancasila.

Menurut Idham Samawi yang pernah menjabat Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi ini bahwa Pancasila digali dari Bumi Indonesia sendiri.

Tampil bergantian menyajikan materi dan merespon pertanyaan peserta, baik SBANL maupun Idham Samawi, kembali mengajak untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jangan pernah berhenti menjunjung nilai-nilai luhur bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur,” kata SBANL.

Kegiatan Sosialisasi MPR RI bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Fatayat NU Kota Yogyakarta diikuti sekitar 250 peserta sebagai perutusan dari kecamatan-kecamatan.

Penulis: Maxi Heru

 

 

News Feed