Temui Irjen Refdi, Laksma Retiono Sebut Guspurla Koarmada III Siap Kerjasama dengan Polda Maluku

Ambon, Fajarmanado.com – Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) III, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Retiono Kunto H, SS, menyebut bahwa pihaknya siap bekerjasama dengan Polda Maluku.

Laksma Retiono mengungkapkan hal tersebut saat menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, MSi, di ruang kerjanya, Mapolda Maluku, Kota Ambon, Kamis (3/6/2021).

Jenderal Bintang Satu TNI yang didampingi Kolonel Ary Krisdiyanto, Asops Guspurla Koarmada III itu disambut hangat oleh Kapolda Irjen Refdi bersama Direktur Krimsus Kombes Pol Eko Santoso, Direktur Narkoba Kombes Pol Cahyo Utomo, dan Direktur Polairud Polda Maluku Kombes Pol Harun Rosyid.

Tak heran, dalam kunjungan silaturahmi tersebut, Retiono menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku yang telah menerima kedatangan pihaknya.

Retiono yang baru menjabat sebagai Komandan Guspurla Koarmada III menggantikan Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH, SE, MSi, M.Tr (Han) ini mengaku siap bekerjasama dengan Polda Maluku kapan pun saat diminta.

“Kami mohon dukungan dan kerjasamanya antara Polda Maluku dan Guspurla III. Untuk itu Kami selalu siap dan sedia jika diperlukan kerjasama,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Refdi berharap agar silaturahmi ini tetap berjalan dengan baik. Saling berbagi informasi, maupun berkoordinasi terkait berbagai tugas ke depan, juga diharapkan selalu dilakukan.

Apalagi, lanjut Kapolda, di tengah pandemi Covid 19 saat ini, berbagai elemen diharapkan bisa bekerjasama membantu pemerintah dalam menuntaskan wabah virus mematikan tersebut.

“Kita diminta pemerintah, selain menjalankan tugas kita sehari-hari, kita juga dapat membantu dalam mengendalikan situasi pandemi Covid 19 dan pemulihan ekonomi. Untuk itu kita perlu kerjasama mewujudkan harapan-harapan pemerintah,” ucapnya.

Mantan Kakorlantas Polri itu juga menyoal terkait kondisi cuaca di Maluku. Di mana, berdasarkan informasi dari BMKG, kondisi cuaca saat ini kurang kondusif.

“Dinamika cuaca saat iniĀ tidak kondusif. Di laut ombak dan dilihat dari BMKG bisa sehari tiga kali terjadi gempabumi,” katanya.

Dengan kondisi demikian, Jenderal Bintang dua Polri di Maluku ini mengajak untuk bersama memberikan peringatan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dalam dalam melaksanakan aktivitasnya.

“Bahkan bila perlu masyarakat tetap di rumah saja, kalau tidak ada kegiatan yang kurang penting,” pintanya.

Meski di tengah keterbatasan akibat penularan Covid 19, Kapolda Refdi juga mengaku selama ini komunikasi antara TNI dan Polri dengan Pemerintah Daerah berjalan sangat baik.

“Komunikasi kita dengan unsur-unsur pemerintah daerah sangatlah baik, namun dibatasi dengan Covid 19 maka sebagian kegiatan pertemuan atau pun kegiatanĀ  pelaksanaan pelantikan banyak dilakukan secara virtual,” jelasnya.

Penulis: Katie Mailoa