Sosialisasi Pembumian Pancasila di Kota Tomohon, Begini Kata Senator SBANL

Tomohon, Fajarmanado.com –Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) menggelar sosialisasi Pembumian Pancasila di Terung Kabasaran, Kolongan, Kecamatan Tomohon Tengah, Selasa (2/6/2021).

Menghadirkan anggota DPD RI/MPR RI, Ir. Stefanus BAN Liow, MAP, Ketua DPRD Tomohon Djemmy Sundah, SE serta unsur akademisi Unima Tondano dan Widyaswara Pemprov Sulut sebagai narasumber, sosialisasi diikuti peserta dari Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Ormas, Pimpinan OKP dan Pimpinan OSIS se Kota Tomohon.

Sosialisasi yang menerapkan protokol kesehatan Covid 19 yang ketat itu, digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon dalam rangka pelaksanaan Program Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan dalam Sub Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai-Nilai Luhur Budaya Bangsa.

Kegiatan yang digelar dalam rangkaian Memperingat Hari Lahir Pancasila tersebut, dibuka dan ditutup langsung oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Wenny Lumentut, SH.

Dalam sambutannya, Wawali Wenny Lumentut yang mewakili Wali Kota Caroll J.A Senduk, SH mengajak untuk semua pihak untuk terus Membumikan Pancasila dalam tindakan nyata di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Senator SBANL, sapaan Ir Stefanus BAN Liow, MAP, dalam materinya yang dimoderatori Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Ronny S. Lumowa, SSos, MSi menjelaskan bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara berarti Pancasila menjadi dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara dan seluruh warga negara Indonesia.

Lebih lanjut, Senator SBANL yang juga Wakil Ketua Kelompok (Fraksi) DPD RI di MPR RI dan Anggota Badan Sosialisasi MPR RI ini mengatakan, Pancasila sebagai ideologi negara, dapat dimaknai sebagai sistem kehidupan nasional yang meliputi aspek etika, moral, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan dalam rangka pencapaian cita-cita dan tujuan bangsa yang berlandaskan dasar negara.

Untuk itu, SBANL menegaskan Pembumian Pancasila menjadi tugas bersama seluruh penyelenggara negara, masyarakat dan komponen bangsa, termasuk Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Irmas, Oimpinan OKP dan Siswa se Kota Tomohon.

Pembumian Pancasila, Senator SBANL menyebut, tidak hanya sebatas mengerti dan memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, tetapi harus diimplementasikan dalam sikap dan prilaku di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara sehari-hari.

Penulis: Maxi Heru