Prosesi Adat Sambut Kunker Pangdam Jeffry di Pulau Seram

Ambon, Fajarmanado.com – Gelaran prosesi adat Pasawari menyambut kedatangan Pangdam XVI/Patttimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin dan Ketua Persit KCK XVI/Pattimura, Ny. Arni Rahawarin di Pulau Seram, Kamis (27/5/2021).

Pangdam Jeffry yang ikut didampingi sejumlah pejabat Kodam XVI/Pattimura melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) tiga hari, 27-29 Mei 2021 di wilayah Kodim 1502/Masohi yang berada di Pulau Seram.

Menggunakan Kapal Ferry, Pangdam Jeffry beserta rombongan tiba di pelabuhan ASDP Waipirit Kecamatan, Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kamis siang, disambut oleh Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold AP Ritiauw, Danbrigif 27/Nusaina Kol Inf Agus Widianto, Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho MSi, Danyonif 731/Kabaresi Letkol Inf Yoyok W, Forkopimda dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten SBB serta sejumlah tokoh adat setempat.

Di tengah penyambutan itu, Pangdam dan Ketua Persit mendapat pengalungan bunga oleh Forkopimda SBB dimeriahkan tarian cakalele oleh Saniri Negeri Amahai.

Kemudian, Pangdam Jefrry dan rombongan menuju Baileo Lounusa Maatita mengikuti prosesi adat Pasawari, yang ditandai dengan penyematan Karasuino Olo dari Upu Latu – Upu Manihua Lauro.

Usai pelaksanaan prosesi adat, Pangdam beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke Yonif 731/Kabaresi, sekaligus menyaksikan beberapa atraksi kesenian yang dilakoni anggota Kabaresi, berupa Drum Band Gita Cakti Kabaresi, tari Gaba-Gaba/Sau Reka-Reka dan Demo Silat.

Kunker tiga hari Pangdam Jeffry di Pulau Seram tersebut untuk melihat langsung keberadaan Satuan-Satuan yang ada di wilayah Kodim Masohi.

Penulis: Katie Mailoa