oleh

Kaban Keuangan Petrus Macarau Dampingi Bupati Joune Ganda Ikuti Rakor Percepatan APBD Bersama Mendagri

Airmadidi,Fajarmanado.com-, Kepala badan keuangan Petrus Defni Macarau dampingi Bupati Minahasa Utara Joune Ganda mengikuti rapat koordinasi secara virtual bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Carnavian yang membahas tentang percepatan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Selasa (25/5).

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian mengingatkan tentang pentinya kepemimpinan dan komitmen dari Kepala Daerah untuk dapat memulihkan perekonomian nasional. Ia juga turut memberikan apreseasi kepada para Kepala Daerah yang sudah bekerja dengan baik dalam melakukan penyerapan belanja APBD tahun anggaran 2021.

“Kepala daerah yang daerahnya sudah melakukan penyerapan belanja APBD 2021 dengan baik perlu diberikan apreseasi, sebab melaui penyerapan APBD yang baik dan sesuai aturan dapat mendorong percepatan pemulihan eknomi Indonesia.”kata Carnavian.

Carnavian menambahkan,  berdasarkan data-data yang ada, masih banyak daerah yang penyerapan belanja APBD nya rendah. Untuk itu ia meminta agar percepatan penyerapan harus segera dilakukan selama 1 bulan kedepan dan akan dievalusai pada Bulan Juli mendatang  terkait daerah yang serapannya meningkat atau stagnan.

“Asistensi sudah kita lakukan melalui Dirjen Keuangan Daerah untuk Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di daerah-daerah yang penyerapan APBD nya masih rendah. Kedepan, kami akan membentuk tim untuk melakukan monitoring secara terus menerus kepada daerah-daerah yang penyerapan belanja daerahnya relatif rendah,” terangnya.

Lebih lanjut mantan Kapolri ini mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh rekan-rekan Kepala Daerah dan juga Kemedagri demi memulihkan ekonomi nasional. Untuk itu pihaknya sudah mengeluarkan mengeluarkan surat edaran percepatan realisasi APBD tahun anggaran 2021 dan pemulihan investasi daerah, serta surat edaran percepatan realisasi bantuan sosial.

Sementara Bupati Minahasa Utara Joune Ganda usai pertemuan tersebut mengatakan, pemerintah kabupaten Minahasa Utara siap melaksanakan arahan Mendgri terkait percepatan penyerapan APBD tahun 2021, yakni penyerapan dengan melakukan penanganan pandemi Covid-19 secara serius, pemulihan ekonomi yang terkontraksi akibat pandemi, beserta pelayanan publiknya.

“Penyerapan anggaran APBD akan kami genjot dalam upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi daerah maupun nasional sebagaimana arahan pak Mendagri.”kata Joune Ganda

Kepala badan keuangan Petrus Defni Macarau menuturkan, langkah Bupati dan Wakil Bupati dalam menggenjot penyerapan anggaran harus didukung oleh seluruh organisasi perangkat daerah. Namun demikian penyerapan anggaran harus sesuai dengan ketentuan untuk menghidari terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan anggaran daerah.

“Kita akan mendorong percepatan penyerapan anggaran APBD 2021 ini dengan mengikuti ketentuan pencairan maupun penggunaan anggaran agar tidak terjadi penyimpangan atau penyalahgunaan anggaran sebagaimana komitmen Pak Bupati dan wakil bupati, untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih di Minahasa Utara.”Tutur Petrus Macarau.(Joel)

 

News Feed