Kolonel Andreas Pimpin Pantukhir, Lanud Pattimura Jaring 11 Casis Bintara PK

Ambon, Fajarmanado.com –Tahapan seleksi calon siswa Bintara PK atau jalur umum yang dilaksanakan panitia daerah (Panda) Maluku, akhirnya memasuki tahap akhir.

Sebanyak 15 dari 117 casis Bintara PK Gelombang I tahun 2021 berhasil dinyatakan Sidang Penentuan Akhir (Pantukhir) yang dipimpin Komandan Lanud (Danlanud) Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, MSc, M.Si (Han) di ruang Heritage Mako Lanud Pattimura pada Senin, (17/5/2021).

Meski demikian, empat dari 15 casis Bintara PK yang akumulasi nilai mereka terendah, terpaksa tereleminir karena jatah Panda Maluku melalui Lanud Pattimura hanya 11 casis yang berhak dikirim ikut seleksi tingkat nasional di Lanud Adi Sumarno, Solo Jawa Tengah.

Ke 15 Casis Bintara PK itu sendiri, sebelumnya lolos mengikuti berbagai tahapan seleksi di Lanud Pattimura. Meliputi, tes administrasi, tes kesehatan, mental ideologi, tes psikologi, skrining Pom, dan tes kesamaptaan jasmani.

Pada sidang Pantukhir Daerah yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19 ini, para casis mengikuti berbagai tahapan pemeriksaan yang sangat ketat dan teliti.

Dipimpin langsung oleh Danud Pattimura Kolonel Andreas Dhewo, didampingi Kepala Tim pemeriksaan casis lainnya, pemeriksaan dilakukan secara transparan untuk melihat kembali keseluruhan hasil seleksi yang telah dilaksanakan, yang terdiri dari, administrasi, kesehatan 1 dan 2, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, skrining pom dan psikologi.

Kepada para casis yang lulus Pantukhir Daerah Lanud Pattimura, Danlanud Kolonel Andreas menyampaikan ucapan selamat.

“Selamat kalian semua sudah lulus Pantukhir Daerah sebagai perwakilan Lanud Pattimura,” ujarnya.

“Selamat berjuang, jangan cepat berpuas diri karena perjuangan belum selesai, masih ada seleksi tingkat pusat yang menanti kalian, pantang untuk kembali ke Ambon sebagai casis,” katanya.

Kolonel Andreas berharap agar paca Casis hanya kembali di Maluku setelah lulus dari tes pusat dan menyelesaikan rangkaian pendidikan dasar kemiliteran.

Pantang balik ke Maluku sebelum ikut pendidikan kemiliteran di Solo. “(Bisa) kembali ke Ambon (Lanud Pattimura) sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Udara berpangkat Sersan Dua,” tegasnya.

Lebih lanjut, Danlanud Pattimura menekankan kepada 11 casis bahwa tidak akan ada bantuan sedikit pun dari pihak Lanud Pattimura selama mengikuti tahapan tes tingkat pusat.

“Semuanya kembali dari diri kalian masing-masing. Kami dari Lanud Pattimura hanya mengantarkan serta mendoakan kalian, selanjutnya lakukan tugas kalian (pada tes seleksi tingkat pusat) dengan baik. _Do your best, and let God do the rest_. Kerjakan yang terbaik, biarkan Tuhan yang melakukan sisanya (segala keputusan akhir diserahkan kepada Tuhan)” paparnya memberi semangat.

Ia juga mengatakan bahwa bagi mereka yang lulus tes pusat akan lanjut pendidikan dasar kemiliteran.

“sebelumnya jangan lupa meminta restu kepada orang tua, buat bangga orang tua kalian. Laksanakan pendidikan dengan gagah berani, berteman yang baik, belajar menjadi ksatria-ksatria udara (TNI AU), berani melakukan kesalahan harus berani bertanggungjawab. Berfikirlah kalau setiap mau berbuat sesuatu,” pesannya.

Diakhir sambutannya, dikutip dari rilis Kapen Lanud Pattimura, Letda Sus Yogi Tri Santoso, SHum, Danlanud Kolonel Andreas juga berharap agar 11 casis bintara PK utusan Maluku dapat lolos seleksi di tingkat pusat nanti.

“Semoga kalian 11 orang perwakilan casis Bintara Lanud Pattimura dapat lulus semua dan membawa nama baik Lanud Pattimura,” harapnya.

Penulis: Katie Mailoa