oleh

HMI Ambon Dukung Polisi Amankan Malam Takbiran di Tengah Pandemi Covid 19

Ambon, Fajarmanado.com – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon menyatakan dukungannya terhadap polisi dalam mengamankan malam Takbiran di tengah pandemi Covid 19. 

Ketua HMI Kota Ambon Abdul Halik Lapalelo mengatakan, HMI sangat berharap malam Takbiran sampai dengan Shalat Id harus berlangsung aman dan kondusif.

“Karena pada umumnya masyarakat yang melaksanakan pawai malam Takbiran dan konfoi-konfoi itu, jangan sampai ada masyarakat yang membawa bendera-bendera Palestina,” katanya.

Abdul Halik Lapalelo mengungkapkan hal tersebut saat bersama Afrizal Mukadar dan Ahmad Win Layu, dua stafnya ini bertatap muka dengan Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, MSi di ruang kerja Kapolda, Kota Ambon, Selasa (4/5/2021).

menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, MSi di ruang kerjanya, Mapolda Maluku, Kota Ambon, Selasa (4/5/2021).

Tujuan Pengurus HMI Kota Ambon menemui Kapolda Refdi, selain bertujuan untuk menjalin silaturahmi, juga untuk membicarakan persoalan terkait pengamanan malam Takbiran di tengah Pandemi Covid 19.

Menurut Abdul Halik Lapalelo, Pengurus HMI akan mendukung sepenuhnya pihak Kepolisian dan Pemerintahan Daerah dalam menjaga keamanan saat pelaksanaan malam Takbiran sampai dengan Shalat Id.

Baca Juga :  Teken MoU Rekonsialisasi PBBKB, Sekprov Kasrul Sebut Pertamina Telah Berkontribusi di Maluku

“Kami berharap agar pelaksanaan malam Takbiran sampai dengan Shalat Id bisa berjalan dengan aman dan kondusif,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku yang didampingi Direktir Intelkam, Kombes Pol Yosep Sriyono, Direktur Binmas, Kombes Pol Andy Ervyn, dan Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, selain mengapresiasi itikad baik pengurus HMI Kota Ambon, juga menyinggung terkait pelarangan mudik.

“Kebijakan Pemerintahan Pusat semuanya sudah jelas terkait keberangkatan masyarakat dalam hal mudik, telah dibatasi,” katanya.

Jenderal bintang 2 Polri ini juga menyebutkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama, pihaknya telah menertibkan kembang api.

“Untuk kembang api pun telah kita tertibkan karena ini juga adalah salah satu pemicu kekacauan dalam pelaksanaan malam Takbiran,” ungkapnya.

Menyoal terkait kondisi pandemi Covid 19, mantan Kakorlantas Polri ini mengaku penularannya masih terus terjadi. Bahkan tingkat kematiannya masih sangat tinggi di beberapa negara.

“Dari hal itu Pemerintah telah mengeluarkan peraturan terkait mudik atau bepergian kesuatu daerah Kita batasi agar dapat mengurangi dan memutuskan mata rantai Covid 19,” katanya.

Baca Juga :  Satgas Yonif 734/SNS Bantu Suku Mausu Ane

Polda Maluku, lanjut Kapolda Refdi, akan melaksanakan Operasi Ketupat Siwalima Tahun 2021. Operasi ini bertujuan untuk mengamankan jalannya pelaksanaan perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Operasi Ketupat akan dilaksanakan selama 10 hari. Terhitung mulai tanggal 5 besok sampai dengan 16 Mei 2021. Kita akan melaksanakan gelar pasukan yang akan dipimpin langsung oleh Gubernur Maluku,” sebutnya.

Olehnya itu, Orang nomor 1 Polda Maluku ini berharap kepada Pengurus HMI Cabang Ambon agar dapat membantu Kepolisian bersama Pemerintah Daerah dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang semakin kondusif.

“Saya brrharap HMI agar membantu pihak keamanan untuk memberikan himbauan atau melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat agar pelaksanaan malam Takbiran Idul Fitri 1442 H tidak melaksanakan pawai atau konfoi-konfoi di jalan. Karna itu pun juga bisa memicu keributan,” pintanya.

Kapolda Refdi juga menghimbau masyarakat agar agar malam Takbiran dapat dilaksanakan di masjid-masjid tempat tinggal masing-masing.

“Saya juga menghimbau kepada para pejabat utama dan personil Polda Maluku dan jajaran untuk bepergian seperti Ijin atau Cuti Lebaran ditiadakan, dan pelaksanaan Halal Bilhalal pun ditiadakan,” pintanya.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed