oleh

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pangdam Pattimura Serahkan 20 Unit Hand Tractor

Ambon, Fajarmanado.com – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin menyerahkan 20 unit hand tractor kepada kelompok tani di Provinsi Maluku, Jumat (23/4/2021).

Penyerahan hand traktor bantuan Presiden Joko Widodo tersebut berlangsung secara simbolis di Lapangan Makodam VI/Pattimura, Kota Ambon.

Kelompok tani yang beruntung  mendapat bantuan tersebut berada di wilayah sentra pertanian Kabupaten Tual dan Dobo sebanyak 5 unit, Ambon 5 Unit dan 10 unit di wilayah Pulau Seram dan sekitarnya.

Pangdam Jeffry mengungkapkan bahwa  penyerahan bantuan tractor ini adalah bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya komunitas petani.

Dengan adanya dukungan alat mekanisasi pertanian, ia menyebut akan dapat membantu petani mempercepat pengolahan lahan.

Baca Juga :  Temui Kapolda Maluku, Rositah Sebut Agenda KSBI 1 Mei Mendatang

Menurut Pangdam, bantuan Presiden RI ini diberikan melalui Kodam XVI/Pattimura dalam upaya pemberdayaan wilayah pertahanan, melalui ketahanan pangan.

Hand tractor, katanya, merupakan salahsatu upaya peningkatan produktifitas petani dengan peran pendampingan Babinsa.

“Kami sangat berterima kasih sekali terhadap atensi dan perhatian Bapak Presiden atas bantuan yang diberikan kepada petani, berupa bantuan mekanisasi pertanian dengan wujud Handtractor ini,” paparnya.

Untuk itu Pangdam Jeffry berharap dengan dukungan mekanisasi pertanian berupa hand traktor ini akan dapat memberikan stimulus peningkatan hasil pertanian, khususnya mempercepat pekerjaan dan memangkas biaya pengolahan lahan sehingga hasil pertanian dan ketersediaan pangan semakin cepat dan meningkat.

Baca Juga :  Hebat..! Puteri Maluku Terpilih Terbaik Prasis Dikmaba Kowad 2020

“Bantuan dari Presiden ini dapat terrealisasikan berkat kerja sama dengan Tokoh Masyarakat yaitu Bapak Hengky Sirait sebagai penggagas,” ungkap Pangdam.

Lebih dari itu, Pangdam Jeffry juga mengharapkan bantuan hand tractor ini akan mampu mewujudkan swasembada pangan, terutama komoditas tanaman holtikultura atau sayuran dan buah-buahan yang selama ini dipasok dari luar daerah Maluku.

“Dengan adanya komoditas hortikultura yang dihasilkan dari pertanian lokal diharapkan daya beli masyarakat akan lebih terjangkau,” imbuhnya.

Acara penyerahan bantuan tersebut berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19 dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed