Pemdes Ponosakan Indah Siap Sukseskan Program Kampung Tangguh

Uncategorized152 Dilihat

Belang,Fajarmanado.com – Untuk Mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) lewat program Kampung Tangguh yang dicanangkan Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jocke Legi, mendapat dukungan dari Pemerintah Desa (Pemdes) Ponosakan Indah Kecamatan Belang.

Hukum Tua Ponosakan Indah Silvia Bokingo mengatakan pertama yang harus dilakukan dalam program kampung tangguh yaitu penanganan virus corona. ini sejalan dengan slogan Mitra saat ini yakni Melaju21, artinya siaga satu dalam penanganan Covid-19.

“Persoalan virus corona ini belum terselesaikan, tapi lambat laun Kabupaten Mitra khususnya Desa Ponosakan akan berusaha menyelesaikan semua yang dihadapi guna melawan Covid-19,” kata Bokingo.

Sementara berkaitan dengan penanganan Covid-19 di Ponosakan Indah mulai dari anggaran, persiapan, sosialisasi sampai pelaksanaan dan pelayanan terus dimaksimalkan. Bahkan seluruh warga, tokoh masyarakat, tokoh agama ikut dilibatkan. Demikian halnya posko siaga di Ponosakan Indah melibatkan perangkat desa, BPD, ASN dan THL di desa setempat.

Bokingo berharap dukungan dan keterlibatan masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua elemen terkait agar berpartisipasi menunjang program pemerintah dalam menangani persoalan Covid-19. Ia juga meminta hal ini menjadi perhatian semua pihak sembari menjalankan disiplin protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.


“Hal ini bukan lagi persoalan pemerintah saja, tapi sudah menjadi persoalan semua elemen masyarakat, persoalan universal umat manusia sehingga semua berkewajiban turut serta menangani masalah ini. Kita harus kedepankan protokol kesehatan dalam hal penanganan pandemic global ini,” tegas Bokingo.

Sementara itu Sekretaris Desa Defri Tiow menjelaskan untuk menangani dan memerangi virus corona harus mengedepankan protokol kesehatan dengan tidak mengabaikan bidang perekonomian.

“Ekonomi akan berjalan dan bergerak terus, sambil tetap menangani ketertiban masyarakat yang secara serius,” tambahnya.

Berkaitan dengan penerapan disiplin protokol kesehatan, Tiow juga meminta dukungan dan penanganan serius pihak Kepolisian dan TNI, serta Satuan Polisi Pamong Praja apabila ada pelanggar protap sehingga dapat langsung ditindak.

Diketahui, beberapa waktu lalu Bupati James Sumendap telah menandatangani surat keputusan bupati berkaitan penanganan virus corona di desa.

Kabupaten Minahasa Tenggara sendiri telah berupaya maksimal dan melakukan semua hal berkaitan dengan pencegahan Covid-19. Mulai dari penjagaan ketat lewat posko siaga di semua pintu masuk Mitra, rapid test antigen massal bagi seluruh tenaga kesehatan, kepala SKPD, para pejabat, anggota DPRD sampai para hukum tua, perangkat desa, bahkan para pemuka agama. Karena merekalah yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

 

Penulis : Didi Gara