oleh

Lantik Lima Pasangan Kada, Gubernur Olly Ingatkan Soal Ini

Manado, Fajarmanado.com – Lima dari tujuh pasangan kepala daerah (Kada) tingkat II hasil Pilkada serentak 2020 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dilantik Gubernur Olly Dondokambey, SE di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Kota Manado, Jumat (26/2/2021).

Pelantikan dan pengambilan sumpah pasangan Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota-Wakil Wali Kota hasil Pilkada 9 Desember 2020 yang telah ditetapkan KPU dilakukan berdasarkan dua Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia.

Pertama, Keputusan Mendagri nomor: 131.71/294 tahun 2021 tanggal 22 Februari 2021 dan kedua, nomor:131.71/374 tahun 2021 tanggal 24 Februari 2021.

Sesuai dua keputusan yang diteken Mendagri Tito Karnavian tersebut, maka pasangan kada periode 2021-2024 yang dilantik, terdiri dari, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara: Joune Ganda dan Kevin Lotulung.

Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan: Franky Donny Wongkar dan Petra Yanny Rembang.

Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur: Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo.

Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan: Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid.

Dan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon: Caroll Senduk dan Wenny Lumentut.

Sementara, pasangan kada Kota Manado dan Kota Bitung belum ikut dilantik tadi pagi.

Sesuai penetapan KPU, Pilkada Kota Manado dimenangkan oleh pasangan Andrei Angkow-Richard Sualang dan Kota Bitung diungguli pasangan Mautrits Mantiri-Hengky Honandar.

“Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melakukan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan, atas nama Presiden RI, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey,” kata Olly saat melakukan pelantikan, sebagaimana dikutip dari laman Humas Pemprov Sulut.com.

Olly pun mengingatkan bahwa sumpah dan janji yang diucapkan seluruh pasangan kada mengandung tanggung jawab. Bukan hanya terhadap bangsa dan Republik Indonesia, Pancasila dan UUD 1945 tapi juga kepada Tuhan.

“Penting sekali disadari bahwa sumpah janji ini disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ujar gubernur pilihan rakyat dua periode ini.

Prosesi pelantikan pasangan kada kali ini amat beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain dilaksanakan serentak sesuai dengan perhelatan Pilkada 2020, juga hanya dihadiri oleh para undangan yang terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid 19.

Meski begitu, masyarakat luas menyaksikan langsung melalui  live streaming. Beda pula dengan pelantikan pasangan kada sebelumnya.

Terpantau hadir dalam pelantikan tersebut, di antaranya, jajaran Forkopimda, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Editor: Herly Umbas

News Feed