oleh

Seleksi PKN dan PTIK Dibuka di Ambon, Kapolda Refdi Ingatkan Soal Ini

Ambon, Fajarmanado.com – Seleksi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) dan program S1 Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) atau Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) angkatan 79 Tahun 2021, dibuka di Kota Ambon.

Seleksi dilakukan di Mapolda Maluku melalui Panitia Daerah (Panda) Seleksi PKN STIK-PTIK tersebut, ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas, Pengambilan Sumpah Panitia dan Peserta.

Penandatanganan Pakta Integritas, Pengambilan Sumpah Panitia dan Peserta  Seleksi ini dipimpin Wakapolda Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes, MSi di Ruang Rapat Utama, Mapolda Maluku, Kota Ambon, Rabu (24/2/2021).

Wakapolda Jan de Fretes menegaskan kepada seluruh peserta untuk tidak meminta bantuan dari para pimpinan di Polda Maluku.

“Tidak ada peserta yang menghadap menghadap pimpinan di Polda Maluku karena dengan menghadap tidak akan merubah hasil seleksi yang bisa menunjang hasil dan nilai,” tegas mewakili Kapolda Irjen Refdi Andri.

Baca Juga :  Seleksi Masuk Prajurit TNI, Pangdam Sebut Gratis

Menurutnya, kelulusan dalam mengikuti seleksi PKN STIK-PTIK tergantung dari kemampuan masing-masing peserta.

Di sisi lain, Wakapolda menyebutkan, pelaksanaan seleksi PKN STIK-PTIK merupakan salah satu program tahunan dari Polri.

Seleksi dilakukan sebagai sarana dalam pengembangan karier anggota untuk menjadi seorang pimpinan.

Seleksi juga dilakukan untuk membentuk anggota Polri yang mempunyai jiwa leadership, profesional, modern dan terpercaya. Sehingga dapat mendukung tugas-tugas pokok kepolisian kelak.

“Panitia dan peserta yang telah diambil sumpah agar memegang teguh komitmen bersih transparan dan akuntabel, humanis, clear and clean dan senantiasa menjaga integritas sebagai anggota polri dalam melaksanakan amanah,” pintanya.

Orang nomor 2 Polda Maluku ini meminta pula kepada jajaran panitia dan peserta seleksi agar dengan benar melaksanakan tugasnya secara baik dan ikhlas.

Baca Juga :  Cari Bakat Baru, Widya Pratiwi Buka Turnamen Bola Voli Ina Latu Maluku Cup 2021

Ia berharap supaya panitia pula dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dalam mendedikasikan diri untuk keberhasilan seleksi.

“Hilangkan dan cegah adanya anggapan negatif di internal polri maupun masyarakat tentang tahapan seleksi,” pintanya.

Wakapolda Jan de Fretes mengingatkan para panitia untuk menjalin sinergitas, kolaborasi dan komunikasi yang baik dengan pengawas, sehingga tahapan seleksi bisa berjalan dengan baik.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung tugas mempersiapkan seleksi ini,” imbuhnya.

Acara penandatanganan Pakta Integritas PKN STIK-PTIK tersebut turut dihadiri Karo SDM, perwakilan Irwasda Maluku, Kabid Dokkes, dan Kasubbid Paminal Polda Maluku, serta panitia dan seluruh peserta seleksi.

Penulis: Mailoa

 

News Feed