Senator Stefanus BAN Liow, Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Tatelu

Dimembe,Fajarmanado.com – Anggota DPD RI Stevanus BAN Liow, MAP menggelar sosialisasi empat pilar di desa Tatelu kecamatan Dimembe, Sabtu (13/2). Dalam kesempatan tersebut Senator perwakilan Sulut ini mengingatkan tentang pentingnya peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menjaga nilai luhur bangsa guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur.

Senator yang akrab disapa Stefa ini mengatakan, sejak berdiri NKRI, para pendiri negara menyadari bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk karena terdiri atas berbagai suku bangsa, adat istiadat, budaya, bahasa daerah serta agama yang berbeda-beda.

“Keberagaman yang dibingkai dalam bhineka tunggal ika menjadikan kita semakin kuat dan sulit terpecah belah. Ini tak lepas dari peran serta tokoh agama dan tokoh masyarakat serta semua elemen masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI.”kata Stefa.

Dalam sesi diskusi yang dipandu oleh
Ketua BPMW Tatelu Pdt Frits Arthur Kelung dan Jefry Tumengkol, banyak pertanyaan dan gagasan yang disampaikan sejumlah tokoh terkait peran negara dalam mencegah dan mengatasi paham radikalisme, serta kemajemukan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan sosialisasi dan berdiskusi yang dipandu bergantian oleh Ketua BPMW Tatelu Pdt Frits Arthur Kelung dan Jefry Tumengkol, sejumlah peserta dalam sesion berbeda, diantaranya Pdt. Tommy Weken, Pdt Jenny Tangkuman, Pdt Amos Mondoringin menyampaikan gagasan, pertanyaan dan usulan sekitar peran negara dalam mencegah dan mengatasi paham radikalisme, kemajemukan dengan berbagai perbedaan serta karakter dan moralitas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Diskusi yang menerapkan protokol kesehatan ini turut diikuti tokoh masyarakat Minahasa Utara yang juga mantan anggota DPRD Pnt. Selfran Wungouw, SE, Elvis Kusoy, SH, Pnt Hendri Sondak, Pnt Heskiel Malingkolang,SPd,  Pnt Rein Sineri,SPd, Pnt Ismail Gundung., Pnt Melky Mewengkang, Pnt. Drs. Harter Tangkere dan Djemi Baris.

Selfran Wungouw memberikan apresiasi, atas pencerahan yang disampaikan sang senator tentang Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD RI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR RI.

“Sosialisasi 4 pilar ini sangat bermanfaat dalam mengingatkan kembali kepada kita tentang pentingnya menjaga 4 pilar bangsa demi keutuhan dan kedaulatan NKRI.”tutur Wungouw.(Joel)