oleh

Operasi Justisi Hari Libur, Kapolres Henzly Sebut Lima Orang Reaktif Rapid Tes

Tondano, Fajarmanado.com –Sesuai janji Kapolres AKBP Henzly Moningkey, SIK, MSi, Polres Minahasa ternyata mengelar operasi justisi pada hari Raya Imlek, Jumat (12/2/2021), pagi ini.

Dibantu TNI dari Kodim 1302 dan Sapol PP Minahasa dan Satgas Gugus Tugas Covid 19, pengetatan pengawasan arus orang masuk wilayah daerah Toar Lumimuut ini dilakukan di jalan utama Tomohon-Tondano, tepatnya di kawasan Kasuang, Kelurahan Tataaran Dua, Kecamatan Tondano Selatan.

Operasi yang dipimpin langsung Kapolres Henzly Moningkey yang dimulai pukul 07.30 Wita ini, selain pemeriksaan notifikasi perjalanan, juga pemeriksaan suhu tubuh dan rapit test.

Kasat Lantas AKP Yulfa Irawati SIK, Kapolsek Tondano AKP Samuel W Posumah serta Kasi Propam Ipda Adrian Tatontos .

Pantauan sejumlah wartawan,  Kapolres Henzly menyaksikan langsung Operasi Justisi, yang melibatkan Kasat Lantas AKP Yulfa Irawati SIK, Kasi Propam Ipda Adrian Tatontos dan Kapolsek Tondano, AKP Samuel W Posumah tersebut.

Para supir kendaraan bermotor (ranmor) maupun penumpang  dan pemotor yang melintas masuk Kota Tondano, tak luput diwajibkan menjalani pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun, setelah menunjukkan notifikasi surat kesehatan.

Kapolres Henzly, melalui Kasat Lantas Polres Minahasa AKP Yulfa Irawati SIK mengatakan, dalam rangka Hari Raya Imlek, operasi justisi sengaja dilakukan.

Selain untuk mengatur arus lalulintas di pos-pos Covid 19 pintu masuk wilayah hukum Polres Minahasa, juga untuk mencegah penularan virus corona.

“Makanya, setiap orang yang hendak melintas kami periksa suhu tubuh mereka. Bagi yang di atas 37,5 derajat langsung kami rapid test di tempat,” ujar Irawati.

Menjawab pertanyaan, Irawati mengungkapkan bahwa ada sekitar 10 orang yang hasil pemeriksaan subu tubuh melebihi batas maksimal 37,5 persen.

“Dari sepuluh warga yang kami lakukan repit tes itu, ada sekitar lima orang yang ternyata hasil rapid testnya menunjukkan reaktif. Mereka langsung kami perintahkan untuk kembali pulang ke rumah untuk melaksanakan isolasi mandiri,” terang Irawati.

Irawati  menambahkan, atas nama Kapolres Minahasa AKBP Henzy Moningkey SIK MSi menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi peraturan protokol kesehatan, apalagi saat keluar rumah.

“Jika tidak ada kegiatan yang kurang penting, sebaiknya jangan keluar rumah  dan selalu menjaga kesehatan. Salam Sehat,” paparnya.

Penulis: Jefry Uno

Editor : Herly Umbas

News Feed