PSSI Maluku Berniat Gelar Pertandingan, Begini Respon Kapolda Refdi Andri

Ambon, Fajarmanado.com – Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si, menanggapi keinginan Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Maluku berniat menggelar pertandingan persahabatan sepak bola di Provinsi Maluku.

Mendatangkan Putra Maluku All Star Surabaya, Asprov PSSI Maluku menjadwalkan tiga pertandingan persahabatan di tiga tempat. Yaitu, Kota Masoho, Desa Liang dan Desa Suli di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Ketua Asprov PSSI Maluku, Sofyan Lestaluhu mengungkapkan rencana tersebut ketika bersilaturahmi dengan Kapolda Irjen Pol Drs. Rwfdi Andri, MSi di Mapolda Maluku, Kota Ambon, Selasa (19/1/2021).

Merespon rencana tersebut, Kapolda Refdi menyarankan untuk berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19 dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

“Sebenarnya saya ingin ada kegiatan seperti ini. Hanya saja sekarang kita ada dalam situasi pandemi Covid 19,” kata Kapolda yang didampingi Kabid Humas, Kabag Watpers Ro SDM dan yang mewakili Karo SDM Polda Maluku.

Selain berkoordinasi dengan Satgas Covid 19 dan Pemda, jenderal bintang 2 Polri ini juga menyarankan agar rencana pertandingan persahabatan itu juga disebarkan di media sosial (media sosial). Tujuannya untuk mengetahui pendapat dari masyarakat.

“Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, share ke medsos agar masyarakat dapat mengetahui dan berpendapat tentang kegiatan dimaksud,” pintanya.

Apabila disetujui, mantan Kakorlantas Polri ini berharap agar kegiatan tersebut dapat dikemas secara baik. Intinya, dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Kalau bisa mengkemas sebaik mungkin giat tersebut. Yang disampaikan sangat bagus sekali, namun saat ini kami pihak kepolisian sangat menjaga masyarakat akan kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Asprov PSSI Maluku, Sofyan Letaluhu datang bersama Direktur Teknik Akademi Bhayangkara FC, Imran Nahumarury. Sofyan mengaku, meski di tengah penularan Covid 19, PSSI masih tetap melaksanakan pelatihan.

“Kami akan mengadakan pertandingan sepak bola persahabatan yakni Putra Maluku ALL Star Surabaya di beberapa tempat yaitu Kota Masohi, Desa Liang dan Desa Suli (Kabupaten Maluku Tengah),” katanya.

Pada kesempatan itu, Sofyan secara lisan meminta kesediaan Kapolda Maluku dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman agar bisa menyaksikan pertandingan tersebut.

Penulis: Katie Mailoa