oleh

Setelah Launching Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Upayakan Tomohon Jadi Zona Kuning Hingga Hijau

Tomohon, Fajarmanado.com – Saat pelaksanaan Launching Vaksinasi Covid 19 di Kota Tomohon, Wali Kota Jimmy Feidie Eman mengatakan menargetkan Tomohon akan turun status dari zona orenye menjadi zona kuning.

“Sebelumnya Kota Tomohon ini berstatus zona merah tapi saat ini sudah turun menjadi zona oranye yang artinya resiko sedang, kedepan pemerintah berupaya menjadikan Tomohon zona kuning hingga zona hijau dengan diadakannya vaksinisasi terhadap masyarakat,” papar Eman dalam sambutannya pada launching vaksinasi covid19 di RSUD Anugerah Tomohon, Jumat (15/1/2020).

Vaksinasi Covid 19 perdana yang menggunakan Vaksin Sinovac ini awali oleh Wali kota Tomohon Jimmy F Eman S.E Ak, selanjutnya diberikan kepada unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seperti Kapolres AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH, bersama para pejabat di lingkup Pemkot Tomohon dan Tenaga Kesehatan (nakes).

Baca Juga :  Akui Insentif Bagi Pers Masih Kurang, Jokowi: 5 Ribu Dosis Vaksin Covid 19 Disiapkan untuk Awak Media Mulai Akhir Bulan Ini

Total yang divaksin dalam launching tersebut berjumlah 21 orang. Selain Wali Kota, Forkopimda dan pejabat Pemkot Tomohon, juga 13 Nakes.

“Jadi dengan adanya vaksinasi ini merupakan bentuk perlindungan awal, berharap Tomohon menjadi zona kuning, dengan optimis pula menjadi zona hijau dengan catatan masyarakat mau di vaksin tapi kita juga tetap terapkan protokol kesehatan,” jelas Eman.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw M.Biomed menyatakan, ada empat tahap vaksinasi yang akan dilaksanakan di Kota Tomohon.

Baca Juga :  Disuntik Dosis Pertama, Kapolda Panca Putra: Ayo Kita Dukung Vaksinasi Covid 19

Pertama, periode Januari-April 2021 dengan sasaran Tenaga Kesehatan (Nakes), asisten Nakes, mahasiswa kedokteran yang bertugas di fasilitas kesehatan.

Tahap kedua, Januari-April 2021 untuk Polri, TNI aparat hukum, petugas di fasilitas umum seperti perusahaan milik daerah dan mereka yang berusia 61 tahun ke atas.

Tahap ketiga pada April 2021-Maret 2022 dengan sasaran masyarakat yang rentan dan tahap keempat pada April 2021-Maret 2022.

”Nakes di Kota Tomohon berjumlah 1.539 tersebar di rumah sakit, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya,” Tandasnya.

Penulis: Prokla Mambo

 

News Feed