oleh

Hebat..! Partisipasi Pemilih Mitra Tertinggi

Ratahan, Fajarmanado.com  – Meski tengah pandemi Covid -19, namun kesadaran masyarakat Minahasa Tenggara (Mitra) menggunakan hak konstitusional dalam Pemilihan Kepala Daerah Sulawesi Utara (Pilkada Sulut) Tahun 2020 mendapat apresiasi.

Apresiasi ini diungkapkan oleh Ketua KPU Sulut, Ardilles Mewoh dalam Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut di Manado, Minggu (20/12/2020).

“Partisipasi pemilih di Kabupaten Mitra tertinggi dari daerah lain yang non penyelenggara pemilihan bupati dan wali kota atau hanya (daera) yang hanya menyelenggarakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, dengan angka 85 persen,” ungkap Ardilles Mewoh.

Meski demikian Plh Ketua KPU Mitra, Otnie Tamod tidak jumawa. Pria dengan basic wartawan ini, malahan menyampaikan apresiasinya atas peranserta aktif dan dukungan pemerintah, Polri dan TNI, serta stakeholder lainnya. Terlebih khusus, seluruh masyarakat atas dukungan selama pelaksanaan tahapan Pilgub Sulut di Kabupaten Mitra sehingga berjalan lancar dan aman, serta sesuai protokol kesehatan.

“Capaian tingkat partisipasi pemilih tertinggi di antara kabupaten kota non penyelenggara ini bukan hanya buah kerja keras kami penyelenggara, namun juga tak lepas dari peran stakeholder terkait lainnya, lebih khusus kesadaran masyarakat Mitra dalam menggunakan hak pilihnya,” komentar Otnie Tamod.

Dalam rapat pleno Pilkada Gubernur Sulut di  tingkat Kabupaten Mitra belum lama ini, tercatat dari sekitar 85.377 wajib pilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), ternyata total yang menggunakan  hak pilih mencapai 72.728 suara.

Dengan demikian, tingkat partisipasi pemilih berada di angka 85,18 persen.

Meski tertinggi di antara kabupaten kota yang bukan penyelenggara Pilkada 2020, angka tersebut menurun jika dibandingkan dengan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden silam, yang mencapai 90,47 persen.

“Memang tingkat partisipasi menurun, namun jika dilihat dari kondisi saat ini, hasil tersebut sangat memuaskan. Apalagi kami hanya menyelenggarakan Pilgub Sulut. Hasil ini juga mencapai target yang diberikan, yakni 85 persen,” kata Otniel Wawo, komisioner KPU Mitra lainnya.

Sementara jika dilihat per-kecamatan yang ada di Kabupaten Mitra, maka tingkat partisipasi pemilih tertinggi ada di Kecamatan Ratahan Timur dengan perolehan 89,73 persen, sedangkan yang terendah ada di Kecamatan Tombatu dengan angka 79,33 persen.

Penulis : Didi Gara

News Feed