oleh

Daniel Matthew Rumumpe Resmi Duduki Kursi Pimpinan DPRD Minut

Airmadidi,Fajarmanado.com – Ketua pengadilan negeri Airmadidi Muhamad Sholeh, SH. MH mengambil sumpah dan janji Daniel Matthew Rumumpe (DMR) sebagai wkail ketua DPRD Minahasa Utara Pengganti Antar Waktu (PAW). DMR yang saat ini menjabat sekretaris fraksi partai Nasdem menggantikan Shintia Gelly Rumumpe (SGR) yang mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada 2020.

Rapat paripurna dalam rangka pengambilan sumpah/janji wakil ketua DPRD Minahasa Utara sisa masa jabatan tahun 2019 – 2024 dari partai Nasdem ini di pimpin oleh ketua DPRD Minahasa Utara Denny Kamlon Lolong S.Sos dan dimpingi wakil ketua Olivia Mantiri, Rabu (25/11).

Sebelum dilakukan pengambilan sumpah dan pelantikan, sekretaris DPRD Jossy Kawengian membacakan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi utara nomor 346 tahun 2020  tentang pemberhentian dan pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW)  wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat kabupaten Minahasa Utara.

Ketua DPRD Denny Kamlon Lolong S.Sos saat memimpin sidang mengatakan, sesuai dengan SK Gubenur nomor 346 tahun 2020, maka secara resmi Daniel Matthew Rumumpe menggantikan Shintia Gelly Rumumpe sebagai wakil ketua DPRD Minahasa Utara.

“Kepada bapak Daniel Mattew Rumumpe kami ucapkan selamat menjalankan tugas baru sebagai wakil ketua DPRD Minut PAW sisa masa jabatan tahun 2019 – 2024 dari raksi Nasdem,”kata Delon sapaan akrabnya.

Delon mengatakan, tugas pimpinan DPRD adalah membangun soliditas dan semangat gotong royong dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab selaku pimpinan dewan. Baik buruknya kinerja DPRD akan ditentukan oleh kinerja pimpinan dalam mengayomi, menggerakan, mengkoordinasi dan mempersepsikan berbagai masalah pemerintahan dan kemasyarakatan sesuai dengan aturan perundang – undangan yang berlaku.

“Sebagai salah satu AKD, sudah jelas tugas dan fungsinya yang diatur dalam tata tertib dewan. Pimpinan DPRD harus berpegang teguh pada aturan, selagi aturan dijadikan sandaran dalam menjalankan tugas maka percayalah rakyat akan memberikan nilai tambah bagi wakil-wakilnya apalgi sebagai pimpinan dewan.”pungkasnya.

Sementara Pjs Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Danile Matthew Rumumpe yang baru dilantik sebagai wakil ketua DPRD Minut. Ia berharap, sumpah dan janji yang sudah diucapkan akan menjadi sebuah komitmen yang wajib diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai pimpinan DPRD.

“Saya berharap, pimpinan DPRD yang baru dilantik dapat bersinergi dengan pimpinan DPRD yang ada dan Pemkab Minahasa Utara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sinergitas antara eksekutif dan legislatif serta stakeholder dapat menggerakkan program dan kegiatan pembangunan di Minahasa Utara.”terang Dondokambey.

Daniel Matthew Rumumpe usai pelantikan menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan partai Nasdem yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menduduki posisi wakil ketua DPRD Minahasa Utara. Kepercayaan menurutnya sebagai amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab untuk memperjuangkan kepentingan rakyat dan kemajuan daerah.

“Amanah ini akan saya jalankan dengan baik untuk mengawal dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Sinergitas dan kekompakan dengan sesama pimpinan dan anggota DPRD serta eksekutif sebagai mitra kerja penting untuk dilakukan dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.”ujar Rumumpe.

Hadir dalam pelantikan, Forkopimda dan pejabat eselon II dan III dijajaran pemerintahan kabupaten Minahasa Utara.

Penulis : Joel Polutu

News Feed