oleh

Polres Malteng Gelar Latihan Pra Operasi Pekat Siwalima 2020

Masohi, Fajarmanado.com .- Polres Maluku Tengah (Kalteng) menggelar latihan Pra Operasi Pekat Siwalima 2020 di Mapolres, Selasa (24/11/2020).

Latihan dipimpin langsung Kapolres Malteng, AKBP Rositah Umasugi, dengan dihadiri seluruh perwira serta pejabat utama Polres Malteng.

Kapolres AKBP Rositah Umasugi mengatakan, tema kegiatan Operasi Pekat Simpatik Siwalima 2020, yakni melalui latihan Pra Operasi ini Polres Maluku Tengah, siap meningkatkan kemampuan personil guna memberantas penyakit masyarakat menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Menurut wanita dengan dua melati dipudaknya itu, tujuan latihan Pra Operasi untuk mempersiapkan personil yang terlibat dalam operasi tersebut agar mengetahui peran dan tugasnya masing-masing.

Baca Juga :  Kapolda Refdi Minta Siswa SIP Percaya Diri Ikut Seleksi

“Kegiatan operasi merupakan kegiatan rutin tahunan yang sudah terjadwal untuk dilaksanakan. Dalam operasi harus ada sasaran dan target operasi yang dicapai,” jelas Kapolres.

Umasugi mengungkapkan, operasi ini dilaksanakan dalam rengka mengantisipasi kegiatan masyarakat menjelang Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Sasaran operasi adalah penyakit masyarakat yang dapat mempengaruhi situasi Kamtibmas diantaranya narkoba, judi, Miras, Prostitusi dan Premanisme,” jelasnya.

Waktu operasi, lanjut Kapolres, selama 10 hari terhitung mulai tanggal 26 November sampai 5 Desember 2020 mendatang.

Orang nomor satu di Polres Malteng ini menegaskan, operasi yang dilaksanakan harus dengan sungguh-sungguh, serta ada dinamika operasi yang dapat dirasakan masyarakat

Baca Juga :  Dimulai 14 Januari, Jusuf Wally Sebut Perlu Sosialisasikan Kepada Masyarakat

“Kemudian harus ada kerjasama antar satuan fungsi yang terkait. Dokumen pendukung harus disiapkan dalam setiap giat Operasi. Setiap operasi harus ada analisa dan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana kegiatan operasi yang dilaksanakan.

Ia mengingatkan, Latihan Pra Operasi jangan dianggap hanya biasa atau rutinitas saja, namun harus dilaksanakan dengan benar.

“Tiap Satgas yang ada di operasi Pekat Siwalima 2020 sudah harus jelas tupoksi pada personil yang terlibat dari masing masing fungsi,” tandasnya.

Mantan Kabag Binops Ditlantas Polda Maluku ini berharap, mudah-mudahan operasi yang dilaksanakan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta membawa dampak positif di masyarakat.

Penulis: Kate Mailoa

News Feed