Senator SBANL Ajak Masyarakat Rawat Kemajemukan Bangsa

Tomohon, Fajarmanado.com – Anggota MPR RI dari Kelompok DPD RI, Ir. Stefanus BAN Liow, MAP mengatakan tokoh masyarakat dan Agama, di dalamnya Pengurus dan Pasukan Khusus Panji Yosua Pria/Kaum Bapa GMIM di Wilayah Kakaskasen sebagai bagian dari komponen bangsa dan elemen masyarakat adalah memiliki peran penting dan strategis untuk merefleksikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

Stefa, sapaan akrab senator daerah pemilihan Sulawesi Utara  (Sulut) ini mengatakan hal tersebut ketika mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI di Jemaat GMIM Kakaskasen, Wilayah Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Selasa (10/11/2020)

Di hadapan ratusan peserta yang datang dari sejumlah jemaat se Wilayah Kakaskasen, SBANL, yang juga Anggota Badan Sosialisasi MPR RI dan Wakil Ketua Kelompok DPD RI di MPR RI ini, mengajak untuk terus merawat kemajemukan bangsa di tengah perbedaan latar belakang suku, agama, ras, bahasa, budaya.

Terkait perbedaan warna politik dan dukungan calon peserta Pilkada, SBANL mengatakan bahwa sesungguhnya itulah suasana, nuansa dan dinamika demokrasi tetapi sebagai anak bangsa harus tetap memberikan teladan kepada jemaat dan masyarakat dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan, kerukunan dan kedamaian.

Dalam kesempatan diskusi yang dimoderatori Yandry Sampelan, SPd, sejumlah peserta, seperti, Steven Lasut dan Johny Karundeng menyatakan keprihatinan dan dalam situasi tertentu di rasa tidak adil dalam penerapan SK 2 Menteri tentang Pendirian Rumah Ibadah, hakekat perjuangan permesta yang meminta keadilan pusat terhadap daerah dan otonomi daerah.

Selain itu, juga kehidupan berbangsa masih adanya radikalisme dan intoleransi.

Selanjutnya, Indra Salam mengusulkan dimasukan kembali P4 dalam mata pelajaran dan kegiatan kemasyarakatan untuk membentuk moral dan karakter bangsa.

Sementara itu, Ketua BPMW Kakaskasen Pdt Royke Kaunang, M.Th memberikan apresiasi, penghargaan dan terima kasih kepada Anggota DPD RI/MPR RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP atas pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI tersebut.

Pdt Royke menilai, sosialisasi Empat Pilar MPR Ri ini dapat menyegarkan dan mengingatkan kembali nilai-nilai luhur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Penulis: Herly Umbas