Gubernur Murad Ismail Lepas 45 Kafilah Maluku Ikut Ajang MTQ Nasional di Sumbar

Ambon, Fajarmanado.com – Gubernur Murad Ismail melepas 45 Kafilah delegasi Provinsi Maluku yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVIII yang akan berlangsung di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Pelapasan kafilah Maluku yang mengikuti MTQ Nasional ke XXVIII di Sumbar tersebut ditandai dengan Upacara Pelepasan Kafilah MTQ, yang berlangsung di Kediaman Gubernur Maluku, Rabu (11/11/2020).

Di hadapan peserta MTQ Nasional XXVII, Gubernur Murad Ismail mengatakan, kontingen yang akan diberangkatkan merupakan duta-duta terbaik Maluku yang telah ditetapkan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Maluku.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Maluku, saya mengucapkan selamat dan semoga sukses kepada seluruh peserta terbaik yang menjadi bagian dari Kafilah dalam ajang MTQ Nasional Sumatera Barat. Adik-adik yang mewakili Maluku adalah duta terbaik,” katanya.

Oleh karena itulah, gubernur mengungkapkan keyakinannya bila duta Kafilah Maluku akan mengukir prestasi terbaik.

“Saya yakin, dengan pemusatan latihan yang diperoleh selama ini, kita bisa menampilkan yang terbaik,” kata Gubernur optimis.

Orang nomor satu di Maluku ini berharap, Kafilah Maluku agar selalu menjaga sportifitas selama bertanding serta menjaga persatuan dan kesatuan diantara para kafilah lainnya.

“Tetap sportif dalam berlomba dan jaga selalu persatuan dan kesatuan di antara para kafilah dari provinsi lain,” katanya mengingatkan.

Kafilah juga diminta untuk mengikuti arahan pelatih dan pembina termasuk menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid 19 saat ini.

“Selalu mengikuti dan memperhatikan petunjuk, bimbingan dan arahan dari pelatih dan pembina,” pintanya.

Yang paling utama, kata gubernur, adalah tetap menjaga kesehatan, makan yang teratur dan menerapkan protokol kesehatan, karena saat ini kita masih dihadapkan dengan pandemi Covid 19.

“Dan yang terpenting adalah jangan pernah lupa berdoa kepada Allah SWT, Insha Allah kita akan meraih hasil terbaik,” imbau Gubernur.

Mantan Dankor Brimob Polri ini juga berharap dengan adanya pelaksanaan MTQ akan semakin membumikan cinta Al-qur’an, terutama di tengah-tengah masyarakat.

Dikatakan, Alquran diturunkan ke dunia sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat Islam, dengan muatan pesan-pesan Ilahi dan mengajarkan hal-hal pokok seperti tauhid, syariah, ibadah, muamalah, akhlak, moral, ilmu pengetahuan serta kisah-kisah sejarah masa lalu.

“Alquran diturunkan bukan sekedar untuk dibaca, melainkan bagaiamana kita mampu untuk memahami, mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Alquran dalam sikap dan perbuatan kita sehari-hari,” ucapnya.

Untuk itu, Gubernur juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada para pelatih dan pembina maupun instansi terkait yang telah memberikan perhatian penuh untuk pengembangan dan pemahaman nilai-nilai Alquran bagi generasi muda Maluku.

“Saya pun menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada LPTQ, dinas/instansi terkait, para pembina dan pelatih yang telah membantu dalam pengembangan dan membentuk generasi Maluku,” ujar Gubernur Murad Ismail.

Penulis: Kate Mailoa