oleh

Tiga Hari, 67 Koperasi dan UKM Kota Ambon Ikut Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Ambon, Fajarmanado.com – Walikota Ambon, R. Louhenapessy, SH membuka pelatihan peningkatan kapasitas koperasi dan UKM Kota Ambon, Kamis (5/11/2020).

Pelatihan yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Ambon, Maluku berlangsung secara daring selama tiga hari, 5 – 7 November 2020, diikuti 67 peserta, terdiri dari 33 koperasi dan 35 pelaku usaha mikro.

Wali Kota Ambon R. Louhenapessy, SH mengungkapkan rasa syukur bahwa dalam kondisi yang sulit ini masih banyak koperasi dan UMKM yang bisa dan mampu bertahan, bahkan dapat berkembang dengan memanfaatkan peluang usaha yang ada di tengah situasi pandemi Covid 19 yang sulit ini.

Baca Juga :  Resmikan Gereja Imanuel, Gubernur Murad Ungkapkan Kebanggaannya Ini

Fakta ini, menurut wali kota, dibuktikan dengan diterbitkannya 6 akta pembentukan koperasi baru dan ada pula beberapa usulan penerbitan akta baru dalam proses.

Begitu pula dengan sektor UKM yang menunjukkan semangat dan keuletannya dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha terutama dengan adanya bantuan dana stimulan (banpres usaha mikro).

Wali Kota Louhenapessy mengungkapkan, sesuai data terakhir, untuk Kota Ambon telah terealisasi sebanyak 6.262 orang dari 12.361 orang yang terverifikasi layak memperoleh bantuan tersebut.

Baca Juga :  Temui Kapolda Maluku, GMNI Ungkap Bantu Sosialisasikan Vaksin Covid 19

Kegiatan pelatihan ini, dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pelaku UMKM agar mampu menjaga kontinuitas usahanya ditengah tantangan dunia usaha yang semakin kompetitif.

Demikian halnya dengan koperasi, Wali Kota berharap dapat dikelola dengan memegang teguh pada prinsip-prinsip dasar koperasi yang mengutamakan asas kekeluargaan dan kegotong royongan.

Penulis: Kate Mailoa

News Feed