oleh

Anggota Bawaslu RI DR. Ratna Dewi Pettalolo Kunjungi Minut

Airmadidi,Fajarmanado.com – Koordinator divis penanganan pelanggaran Bawaslu RI DR. Ratna Dewi Pettalolo, Selasa (3/11) melakukan kunjungan kerja di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Utara untuk memantau sekaligus memberikan motivasi kepada jajaran pengawas dalam mengawal proses demokrasi pemilihan kepala daerah di Minahasa Utara.

Ratna Dewi Pettalolo yang didampingi ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, Mustarin Humagi dan Awaludin Umbola turut memberikan arahan dan wejangan kepada Bawaslu dan Panwascam se – Minahasa Utra terkait tugas dan tanggung jawab jajaran pengawas dalam mengawal pesta demokrasi pemilihan kepala daerah.

 

“Jajaran pengawas harus mampu membangun jaringan dengan organisasi guna mensosialisasikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengawasi tahapan pelaksanaan Pilkada. Misi yang harus dirawat adalah mengajakan masyarakat untuk berperan dalam pengawasan.”kata Pettalolo.

Pettalolo menjelaskan saat ini tren politik uang dikemas berbeda, jika sebelumnya dilakukan dalam bentuk serangan fajar dan pembagian sembako, kini diganti dengan pemberian pulsa dan token listrik. Hal ini harus diawasi jajaran pengawas, karena calon yang merebut kekuasaan dengan cara instan seperti ini akan merugikan masyarakat.

“Kita harus lebih jeli dalam melihat berbagai pelanggaran dilapangan khususnya politik uang, sebab saat ini masih banyak calon yang menjadikan politik uang sebagai salah satu cara untuk merebut suara demi memuluskan ambisinya merebut kekuasaan.”pungkasnya.

Sementara ketua Bawaslu Minut Simon Awuy dalam sambutannya mengaku bangga mendapat kunjungan Bawaslu RI, ia berhap kunjungan ini dapat memberikan motivasi kepada jajaran pengawas di Minahasa Utara dalam menjalankan tugas mengawasi penyelenggaraan Pilkada. Pada kesempatan itu juga Awuy melaporkan sejumlah dugaan pelanggaran Pemilu yang ditangani Bawaslu.

“Saat ini kami sudah menangani 5 kasus dugaan pelanggaran, 3 diantaranya temuan Bawaslu dan 2 laporan dari masyarakat.”kata Awuy.

Senada dikatakan Komisioner Rahman Ismail, kunjungan anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettaloka ke bumi klabat suatu kehormatan bagi seluruh jajaran pengawas di Minahasa Utara. Ia juga menyampaikan terima kasih Pettaloka yang telah memberikan wejangan dan motivasi kepada Panwascam dalam menjalankan tugas pengawasan ditengah pandemi covid 19 ini.

“Kunjungan ini merupakan kehormatan bagi kami jajaran pengawas di Minahasa Utara. Semoga arahan yang disampaikan dalam kunjungan kali ini dapat diimplementasikan dilapangan guna mewujudkan pemilihan kepala daerah yang berkualitas.”kata Ismail.

Dalam kunjungannya ke Bawaslu Minut, Pettaloka menyempatkan diri untuk melihat ruang kerja 3  komisioner dan ruangan sekretariat. Ia bahkan memuji penataan ruangan komisioner yang menurutnya jauh lebih baik dan nyaman dibanding ruang komisioner Bawaslu di kabupaten dan kota lain.(***)

 

News Feed