Lahirkan Banyak Tokoh Bangsa, Ai Mangindaan: Selamat Milad Syarikat Islam

Manado, Fajarmanado.com – Dr. Harley Alfredo Benfica Mangindaan, SE, MSM menilai, organisasi Syarikat Islam (SI) sangat berjasa terhadap kemajuan Indonesia.

Genap berusia 115 Tahun, pada 16 Oktober 2020, SI telah mencetak begitu banyak kader bangsa. Mereka menyebar mengabdi di seluruh penjuru Nusantara dan berkontribusi memajukan Negara Indonesia tercinta.

SI, organisasi yang didirikan Raden Hadji Oemar Said Tjokoraminoto atau yang akrab disebut HOS Tjokroaminoto ini, ternyata mendapat perhatian khusus, Ai Mangindaan, sapaan familiar  Harley Alfredo Benfica Mangindaan, calon Wakil Wali Kota Manado 2020+2025 ini.

Ai mengatakan, organisasi yang didirikan 16 Oktober 1905 itu sangat berjasa besar terhadap kemajuan Indonesia.

Politisi muda yang gesit dan peduli pada kepentingan masyarakat itu pun, menyampaikan ucapan selamat.

Ia berharap dengan bertambahnya usia, SI, terlebih di Sulawesi Utara dan Kota Manado makin berenergi dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah.

”Kita yang gemar membaca sejarah perjuangan bangsa ini, tentu tak akan luput dan mengenal betul bagaimana kontribusi organisasi besar seperti Syarikat Islam terhadap pembangunan Indonesia,” katanya kepada wartawan di Manado, Jumat (16/10/2020).

“Begitu luar biasa, kader-kader yang dilahirkan dari rahim Syarikat Islam. Banyak selamat untuk Syarikat Islam yang berulang tahun hari ini. Genap berusia 115 Tahun, tidak mudah melewati dialektika. Kiranya Syarikat Islam Sulawesi Utara dan Kota Manado makin berjaga,” sambung Ai, Wakil Wali Kota Manado periode 2010-2015 ini.

Ai menyebut ada sederetan nama besar penggerak Syarikat Islam dan juga tokoh pembaharu Indonesia yang bergagasan besar, menginspirasi Indonesia menggapai kemerdekaan sampai saat ini. Mereka, antara lain, Diantaranya kita mengenal HOS Tjoroaminoto, Haji Samanhudi, Agus Salim, Abdul Muis, termasuk Ir. H. Soekarno,

Karena itulah SI, tambah Ai, harus diapresiasi dan diberi support untuk menjaga kerukunan, kemajuan serta kesuksesan pembangunan.

”Sekali lagi, selamat Milad Syarikat Islam. Sejumlah tokoh hebat dan luar biasa dilahirkan Syarikat Islam,” ujarnya.

“Sejarah Indonesia, tanpa Syarikat Islam adalah ahistoris, artinya fakta sejarah mencantumkan bagaimana spirit Syarikat Islam membangun Indonesia,” sambung pria familiar yang juga calon Wakil Wali Kota Manado Nomor Urut 4 ini.

Penulis: Maxi Heru