Gelar Rakorev Pembangunan 2020 Kota Tomohon, Ini Kata Wali Kota Jimmy Eman

Manado, Fajarmanado.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Pembangunan tahun 2020 di Anugerah Hall Tomohon, Jumat (2/10/2020).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidoe Eman SE Ak, CA mengingatkan bahwa Rakorev nantinya akan membahas tentang koordinasi pelaksanaan kegiatan dekonsentrasi dan tugas pembantuan lingkup Kota Tomohon, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 9 tahun 3006, tentang, Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan.

Oleh karena itu, lanjut Jimmy Eman, kegiatan ini bertujuan melaksanakan monitoring, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan dupaya dapat dikelola secara efisien, efektif, transparan, accountable dan responsif dalam merespon kondisi ekonomi makro daerah dan dampak pandemi Covid 19, serta mengidentifikasi permasalahan dan alternative solusi dalam pencapaian target pembangunan daerah, sesuai dengan kondisi riil.

Wali Kota Jimmy Eman mengharapkan agar melalui rapat koordinasi ini terjalin dialog antara narasumber dan peserta untuk membahas permasalahan dan alternatif
solusi yang terkait dengan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di Kota Tomohon lewat APBN, berupa dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan serta pembangunan yang dibiayai oleh APBD.

Hal ini diharapkan supaya perencanaan pembangunan harus dapat meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat, meningkatkan kesempatan kerja, lapangan usaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan daya saing daerah.

“Pencapaian berbagai aspek baik pencapaian pembangunan secara fisik maupun non fisik, serta
berbagai prestasi yang telah direngkuh bersama menjadi kebanggaan pemerintah bersama elemen masyarakat, karena kerja, karya dan kekompakan bersama untuk sejahterakan Kota Tomohon,” papar wali kota dua periode ini.

Pada esempatan itu dilakukan pula Pakta Integritas antara Pemkot Tomohon dan Polres Tomohon serta juga penyerahan ijazah paket C.

Tampak hadir para narasumber Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH, Dandim 1302 Minahasa Letkol Infanteri Herberth Andi Amino Sinaga S.IP, Ketua DPRD Kota Tomohon Jemmy Sundah SE, mewakili KAJARI Tomohon Plh Kajari Tomohon Andi Usmana Harun SH MH, Ketua KPU Kota Tomohon Drs Haryanto Lasut MAP, Ketua BAWASLU Kota Tomohon Deisy Soputan SPd MHum, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh serta para peserta dari jajaran pemerintah Kota Tomohon dan hadirin undangan.

Penulis: Jerry Michael