oleh

Sejumlah Pencinta Alam Bersihkan Gunung Soputan

Silian Raya, Fajarmanado.com – Gunung Soputan merupakan ikon serta aset pariwisata Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang saat ini sedang digagas dan diproyeksikan untuk dikembangkan.

Sadar akan pentingnya Gunung Soputan yang diproyeksikan menjadi destinasi wisata unggulan, sejumlah pencinta alam secara sukarela melakukan aksi bersih-bersih.

Pasalnya, di balik keindahan alam Gunung Soputan, masih banyak ditemui sampah, bahkan coretan di sejumlah batu yang tentunya jika dibiarkan berpotensi mengganggu kelestarian dan keindahan alam.

“Kalau tidak kita, kalau tidak saat ini, kapan lagi? Sebab kalau terus dibiarkan bisa jadi ancaman. Padahal, keindahan Gunung Soputan ini telah diproyeksikan Pemkab Mitra sebagai destinasi wisata unggulan,” ungkap Meydi Tewu, Minggu (20/9/2020).

Bersama para pencinta alam dari daerah lainnya, seperti dari daerah Langowan, para pencinta alam Mitra melakukan aksi ‘solidaritas’ jaga kelestarian Gunung Soputan.

Baca Juga :  IWO Mitra Sukses Gelar Konsolidasi

Walau hanya menggunakan peralatan seadanya, namun tidak menjadi penghalang bagi para pencinta alam ini untuk membersihkan sampah dan coretan di batu.

Selanjutnya, langkah kecil dari pihaknya ini diharapkan dapat memantik kesadaran dan semangat dari para pencinta alam lainnya, bahkan seluruh masyarakat untuk bersama menjaga kelestarian alam, bukan hanya di Gunung Soputan saja, tapi juga di tempat lainnya.

“Ini langkah awal kami. Ke depan kami berupaya untuk melakukan ini secara berkelanjutan, sambil berharap lebih banyak lagi yang turut peduli,” pungkas Meydi Tewu, didampingi Jun Lawarakan dan Ricko Gosal, pentolan KPA (Kelompok Pencinta Alam) Baraney, Tombatu.

Dirinya sadar bahwa untuk menjaga kelestarian alam Gunung Soputan maka dibutuhkan peran serta seluruh pihak, termasuk para pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alam di sana.

Baca Juga :  Areal Tambang Emas Kebun Raya Megawati Soekarnoputri Kembali Di Tertibkan

“Tentunya para pencinta wisata petualangan ingin menikmati alam yang indah dan bersih. Karena itu kami mengajak semua pengunjung, mari cintai alam ini! Seperti ungkapan Bupati James Sumendap, ‘dengan menjaga alam maka niscaya alam akan menjaga kita’,” pungkasnya.

Di lain pihak, aksi ini langsung mendapatkan apresiasi dari pemerintah setempat, dalam hal ini Camat Silian Raya, Mieke Solang, dan Camat Tombatu, Aneke Sumendap, yang ikut dalam kegiatan pembersihan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi upaya para pencinta alam lewat aksi ini. Jika semua pihak memiliki kesadaran seperti ini maka kami yakin alam Gunung Soputan akan terus lestari, serta program Pemkab Mitra menjadikannya sebagai destinasi wisata unggulan akan terlaksana dengan baik,” kata Mieke Solang yang diiyakan Aneke Sumendap.

Penulis : Didi Gara

News Feed