oleh

Melibatkan 150 Relawan, 1 Ton Sampah Terkumpul Melalui Aksi WCD di Kota Tomohon

Tomohon, Fajarmanado.com – Sekira 150 relawan dari berbagai pihak, tak kurang satu ton sampah terkumpul melalui aksi World Cleanup Day (WCD) atau Hari Bersih-Berdih Sedunia di Kota Tomohon, Sabtu (19/9/2020).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kota Tomohon John S. Kapoh, SS, MSi menjelaskan, hari bersih-bersih sedunia adalah aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi. Tujuannya adalah untuk mengurangi masalah limbah padat dan sampah laut.Aksi ini merupakan acara global.

Hari bersih-bersih sedunia yang dilaksanakan setiap tahun, lanjutnya, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan bumi dari limbah yang tidak dikelola dengan baik.

Oleh karena itu, WCD tanggal 19 september 2020 di Kota Tomohon dengan Aksi Cleanup dan pilah sampah dari rumah, bertemakan; “BERSATU UNTUK INDONESIA BERSIH”

WCD Kota Tomohon berlangsung dua hari, diawali  aksi bersih sungai “Lokon-Lokon” kelurahan Kolongan pada hari Jumat, 18 September, kemudian berlanjut di kawasan pemukiman, jalan, pasar dan terminal serta Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon pada, Sabtu, besoknya.

Berbagai pihak terlibat aktig dalam WCD kali ini. Antara lain, Organisasi Perangkat Daerah, Kelurahan, Pelaku-pelaku usaha dan jasa, Bank Sampah serta Relawan Komunitas Kaum Milenial Pencinta Lingkungan Kota Tomohon.

Relawan yang dikoordinatori Stevanus Goni, Amd itu,  melibatkan Ikatan Mahasiswa Tomohon Minahasa, North Sulawesi, Ikatan Putra Putri UNSRIT, DKC Pramuka Tomohon;
dan Forum Anak Daerah Kota Tomohon.

Sampah yang terkumpul sebanyak lebih dari 1 ton, terdiri dari sampah plastik dan kertas. Kemudian, diserahkan ke Bank Sampah untuk di timbang.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA, diwakili Kadis LH Kota Tomohon John S. Kapoh, SS, MSi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam aksi peduli lingkungan ini melalui kegiatan bersih-bersih.

Ia pun berharap agar aksi ini akan memberi dampak positif terhadap perubahan pola pikiran dan pola tindak masyarakat Kota Tomohon secara umum tentang arti pentingnya menjaga lingkungan di mana kita tinggal agar tetap bersih, nyaman saat sekarang dan mendatang.

Penulis: Jerry Michael

News Feed