oleh

Pimpin Paripurna KUPA -PPAS P 2020 Kota Tomohon, Ini Kata Djemmy Sundah

Tomohon, Fajarmanado.com – 
Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE memimpi rapat paripurna penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) APBD Dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 Kota Tomohon, Senin (14/9/2020).

Saat memimpin paripurna melalui video conference tersebut, Djemmy Sundah didampingi Wakil Ketua Caroll J.A. Senduk, SH dan Erens D. Kereh, AMKL serta Sekretaris DPRD Tomohon Fransiskus F. Lantang, SSTP.

Ketua DPRD Djemmy Sundah mengatakan bahwa dalam Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) APBD Dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 Kota Tomohon, harus menyajikan secara lengkap berbagai penjelasan.

a. Perbedaan asumsi dengan kebijakan umum anggaran yang ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jimmy Eman ikut Rakor Pengamanan Covid 19 Pilkada 2020

b. Program dan kegiatan yang dapat diusulkan untuk ditampung dalam perubahan APBD dengan mempertimbangkan sisa waktu pelaksanaan APBD tahun anggaran berjalan.

c. Capaian target kinerja program dan kegiatan yang harus dikurangi dalam perubahan APBD asumsi kebijakan umum anggaran tidak tercapai.

d. Capaian target kinerja program dan kegiatan yang harus ditingkatkan dalam perubahan APBD apabila melampaui asumsi kebijakan umum anggaran.

Selanjutnya, katanya, pasal 155 ayat (5) menyatakan bahwa : Rancangan kebijakan umum perubahan APBD dan prioritas plafon anggaran sementara perubahan APBD sebagaimana dimaksud pada ayat (4), setelah dibahas selanjutnya disepakati menjadi kebijakan umum perubahan APBD serta prioritas plafon anggaran sementara perubahan APBD.

“Dan, pasal 156 ayat (1) , mengatakan bahwa : kebijakan umum perubahan APBD dan prioritas plafon anggaran sementara perubahan APBD yang telah disepakati sebagaimana dimaksud dalam pasal 155 ayat (5), masing-masing dituangkan kedalam nota kesepakatan yang ditandatangani bersama antara Kepala Daerah dengan pimpinan DPRD dalam waktu bersamaan,” jelasnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jimmy Eman Buka Muscab Pramuka Kota Tomohon

Paripurna dilanjutkan dengan Penandatanganan nota kesepakatan KUPA APBD dan PPAS perubahan APBD tahun anggaran 2020 Kota Tomohon.

Penandatanganan diawali oleh Wakil ketua DPRD, Erens D. Kereh, AMKL, kemudian Wakil ketua DPRD, Caroll Joram Azarias Senduk, SH, Ketua DPRD, Djemmy Jerry Sundah, SE dan terakhir oleh Wali Kota Jimmy Eman.

Hadir dalam rapat paripurna melalui video converence, juga Sekretaris Daerah H.V. Lolowang, M,Sc dan Kepala BPKPD Tomohon Drs. Gerardus Mogi.

Penulis: Jerry Michael

News Feed