oleh

Pemerintah DKI Kembali Terapkan PSBB Berdampak Tertundanya Tiga Agenda Penting JMSI Ini

Jakarta, Fajarmanado.com – Kebijakan Pemerintah DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau Covid 19 ikut berdampak tertundanya tiga agenda penting Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

Tiga agenda yang sedianya dilaksanakan di ibu kota negara tersebut adalah pelantikan Pengurus Pusat JMSI, pendaftaran organisasi perusahaan media siber ini ke Dewan Pers dan Rapat Pleno Pengurus Pusat yang diperluas.

“Pelantikan Pengurus Pusat kami tunda dulu sampai situasi pandemi di Jakarta memungkinkan,” kata Ketua Umum JMSI Teguh Santosa dalam siaran pers yang diterima Fajarmanado.com, Sabtu (12/9/2020) malam.

“Kita percaya pemerintah baik di pusat dan daerah tengah bekerja keras mengatasi situasi pandemi. Kita juga bertanggung jawab dan berkewajiban memberikan dukungan karena darurat kesehatan ini mengancam kita semua,” sambung dia.

Waktu pendaftaran sebagai konstituen Dewan Pers, katanya, masih dikomunikasikan kembali.

“Kami sudah siap 100 persen, dan telah menyampaikan pendaftaran berkas pendaftararan awal pekan lalu (Selasa, 1/9),” ucapnya.

Baca Juga :  Pjs Gubernur Sulut Terima Pengurus JMSI

Sedianya pelantikan Pengurus Pusat JMSI dilakukan pada hari Senin (14/9/2020). Kemudian, Selasa, besoknya pendaftaran JMSI sebagai konstituen Dewan Pers.

Menurut Teguh, sejauh ini komunikasi JMSI dengan Dewan Pers berlangsung cukup baik.

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch. Bangun telah menyatakan kesiapan untuk mengawal pendaftaran JMSI sehingga organisasi pers yang didirikan pada 8 Februari lalu di Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini, segera terdaftar sebagai konstituen Dewan Pers.

Anggota Dewan Pers dan Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers, Ahmad Djauhar, ketika menerima berkas pendaftaran awal JMSI dari Sekjen Mahmud Marhaba juga menyampaikan harapan yang kurang lebih sama.

Anggota Dewan Pers lainnya, Agung Dharmajaya, yang juga Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan mengatakan mengenal baik pengurus JMSI dan mengakui bahwa organisasi ini didirikan dengan tekad untuk ikut membangun ekosistem pers yang sehat dan profesional.

“Kami akan kawal pendaftaran JMSI sebagai konstituen Dewan Pers,” ujar Ketua Dewan Pakar JMSI ini.

Baca Juga :  JMSI Resmi Mendaftar Jadi Anggota Dewan Pers

Rapat Pleno

Selain pelantikan Pengurus Pusat dan pendaftaran JMSI sebagai konstituen Dewan Pers, kegiatan lain yang terpaksa ikut ditunda adalah direncanakan Rapat Pleno Pengurus Pusat yang diperluas dengan melibatkan Pengurus Daerah JMSI.

“Ada beberapa program kerja yang sudah dibahas dalam rapat secara virtual beberapa waktu lalu, dan tadinya akan dibicarakan dengan lebih serius melibatkan Pengurus Daerah JMSI yang menghadiri pelantikan Pengurus Pusat JMSI dan pendaftaran JMSI sebagai konstituen Dewan Pers. Namun melihat perkembangan pandemi, hal ini juga harus kita tunda sampai situasi memungkinkan,” kata Teguh Santosa lagi.

Dia juga menambahan, dalam waktu dekat JMSI akan menggelar rapat terbatas secara virtual untuk membahas agenda kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

“Kami akan mencari cara terbaik sehingga HPN 2021 tetap dapat dirayakan dengan baik. Berbagai perlombaan karya jurnalistik akan diselenggarakan. Kegiatan ini akan dipimpin Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihan, dan Literasi, Sdr. Ramon Damora,” demikian Teguh Santosa.

Editor : Herly Umbas

News Feed