Djein Leonora Rende Siap Kawal Aspirasi Masyarakat Minahasa Tenggara

Ratahan, Fajarmanado.com – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Djein Leonora Rende, menggelar reses kedua Tahun 2020 di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Adapun agenda reses DPRD Provinsi Sulut yang merupakan tugas Legislator Sulut di luar masa sidang ini, dimulai sejak 5 September hingga 12 September dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Djein Leonora Rende menggelar reses di enam titik yang tersebar di empat kecamatan di Mitra, yakni Ratahan, Ratahan Timur, Tombatu, dan Touluaan.

Sementara itu, Legislator Sulut daerah pemilihan (dapil) Minsel-Mitra ini mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kewajiban pihaknya, guna menyerap aspirasi masyarakat.

“Namun untuk reses di masa pandemik Covid 19 terbatas dan saya memohon maaf karena tidak ada dialog langsung, guna mendukung upaya pencegahan,” ungkap Istri Tercinta dari James Sumendap.

Walau demikian dirinya mengatakan bahwa hal ini tidak menghalangi maksud dan tujuan untuk agenda reses tersebut.

“Walau begitu, kami tetap menerima aspirasi ini secara tertulis dari Camat yang tentu sebelumnya sudah terlebih dahulu dibahas di tingkat desa,” pungkasnya.

Lebih Lanjut dikatakan, aspirasi ini nantinya akan dibuat dalam bentuk laporan yang selanjutnya dimasukkan ke pimpinan DPRD, kemudian di rekomendasikan ke Pemerintah Provinsi Sulut.

“Saya juga pasti akan mengawal apa yang jadi aspirasi dari masyarakat di Kabupaten Mitra. Bahkan nantinya kalau ada proposal berkaitan dengan bidang kami, seperti untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa dimasukkan,” jelas Sekretaris Komisi Dua DPRD Sulut ini.

Sebab, menurutnya, di masa pandemik ini pemerintah mengadakan refocusing anggaran dan difokuskan untuk bidang kesehatan, pertanian, dan UKM.

“Bersama Pemerintah Provinsi Sulut, kami juga sudah melaksanakan pelatihan untuk pelaku UMKM di Mitra. Sebab UMKM memang menjadi perhatian pemerintah sehingga banyak bantuan diberikan,” ujarnya.

Selain menerima aspirasi, menjadi tugas pihaknya dalam pengawasan, guna melihat secara langsung kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah, apakah sudah berjalan dengan baik dan sesuai aturan.

“Pengawasan akan program yang berkaitan dengan bidang perekonomian dan keuangan, di antaranya pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan lainnya juga terus kami lakukan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Mitra, Marty Mareyke Ole menyampaikan terima kasih kepada Ibu Djein Leonora Rende yang melaksanakan reses di kabupaten Mitra.

“Kabupaten Minahasa Tenggara Harus bersyukur karena memiliki anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah provinsi Sulawesi Utara yang berasal dari kabupaten Minahasa Tenggara,” kata Ole.

Ole menambahkan,  dengan adanya anggota DPRD Sulut dari dapil Mitra-Minsel ini, masyarakat yang ada di Kabupaten Mitra boleh mengusulkan program kerja khususnya di setiap desa dan kelurahan yang ada di kabupaten Mitra.

Penulis : Didi Gara