oleh

Wali Kota Eman Jelaskan Rancangan KUPA-PPAS Perubahan APBD 2020 di Depan DPRD Tomohon

Tomohon, Fajarmanado.com –Wali Kota Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA menjelaskan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 Kota Tomohon di depan legislatif.

Wali Kota Jimmy Eman menjelaskan rancangan KUPA-PPAS Perubahan APBD 2020 tersebut pada Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon, Selasa (8/9/2020).

Paripurna yang dilaksanakan di Kantor DPRD Tomohon melalu video conference tersebut, dipimpin Ketua DPRD Djemmy Sundah, SE didampingi Sekretaris Fransiscus F. Lantang, SSTP.

Ketua DPRD saat memimpin rapat mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 59 tahun 2007 Tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah Pasal 155 ayat (1), menyatakan bahwa Perubahan APBD disebabkan perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD sebagaimana dimaksud dalam pasal 154 ayat (1) huruf a dapat berupa terjadinya pelampauan atau tidak tercapainya proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja daerah, sumber dan penggunaan pembiayaan yang semula ditetapkan dalam kebijakan umum APBD.

Dalam pasal 155 ayat (2), lanjutnya, menyebutkan, Kepala Daerah memformulasikan hal-hal yang mengakibatkan terjadinya perubahan APBD kedalam Rancangan Kebijakan Umum (KUA) perubahan APBD serta Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan APBD.

Dalam penjelasan kebijakan umum perubahan anggaran (KUPA) APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan APBD tahun anggaran 2020, kata Sundah, Kota atomohon harus menyajikan secara lengkap penjelasan mengenai;
a. Perbedaan asumsi dengan kebijakan umum anggaran yang ditetapkan sebelumnya.

b. Program dan kegiatan yang dapat diusulkan untuk ditampung dalam perubahan APBD dengan mempertimbangkan sisa waktu pelaksanaan APBD tahun anggaran berjalan.

c. Capaian target kinerja program dan kegiatan yang harus dikurangi dalam perubahan APBD asumsi kebijakan umum anggaran tidak tercapai.

d. Capaian target kinerja program dan kegiatan yang harus ditingkatkan dalam perubahan apbd apabila melampaui asumsi kebijakan umum anggaran.

Paripurna tersebut  diwarnai dengan penyerahan Rancangan KUPA APBD dan Rancangan PPAS Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 Kota Tomohon oleh Wali akota Jimmy Eman kepada Ketua DPRD Djemmy Sundah untuk dibahas.

Tampak hadir mengikuti langsung melalui video conference, para anggota DPRD dan pejabat jajaran Pemkot  Tomohon.

Penulis: Jerry Michael

News Feed