oleh

Didukung 4 Partai, JGE-VB Kans Lanjutkan Program Emas di Kota Tomohon

Tomohon, Fajarmanado.com – Pasangan calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman, SE, MM dan Virgie Baker, SS, MSi dinilai kans memenangkan Pilkada serentak 2020 di Kota Tomohon.

Bermodalkan 14 kursi di dewan kota, Paslon JGE-VB di atas kertas unggul dari dua paslon lain, Caroll Senduk, SH-Wenny Lumentut, SE (CS-WL) yang diusung PDI Perjuangan dan paslon independen, Robert Pelealu, SH, MH dan Fransiscus Angelo Soekirno, SH, MH (RP-FAS atau RoSe).

“Kalau semua anggota dewan partai pengusung bekerja maksimal, JEG-VB pasti menang dan melanjutkan program Emas (JFE-SAS) di Kota Tomohon,” kata Dian, warga Kota Tomohon.

Dewan Kota Tomohon sendiri memiliki 20 kursi. Partai Golkar mendominasi dengan 10 kursi, kemudian PDI Perjuangan 6 kursi, NasDem 2 kursi dan masing-masing 1 kursi Partai Demokrat dan Hanura.

Tiga partai terakhir sepakat berkoalisi dengan Partai Golkar mengusung paslon JGE-VB.

Sementara PDI Perjuangan tampil percaya diri mengaet Partai Gerindra, yang tak punya kursi di DPRD Tomohon periode 2019-2024.

Partai besutan Megawati Soekarno Putri ini memasangkan CS, Ketua DPC PDI Perjuangan Tomohon ini dengan WL, kader potensial Gerindra yang kini anggota DPRD Sulawesi Utara.

Baca Juga :  Kampanye Perdana, RoSe Pilih Lokasi Wisata Puncak Rurukan

Sedangkan paslon RP-FAS atau RoSe dinyatakan sah maju melalui jalur independen oleh KPU Kota Tomohon setelah 7.933 dari 7.962 dokumen dukungan perseorangan dinyatakan memenuhi syarat atau melebihi syarat minimal 7.097 orang pada Sabtu, 22 Agustus 2020.

Menilik peta kekuatan ketiga paslon ini, Partai Golkar dan tiga partai koalisinya berada di atas angin apabila semua kader, terutama 14 politikus yang kini duduk di Dewan Kota bekerja keras memenangkan pesta demokrasi Pilkada 2020. Minimal untuk meraup suara pemilihan legislatif (pileg) 2019 lalu.

Selain modal suara pileg, JGE-VB diyakini akan didukung sebagian besar Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasalnya,  ayahanda JGE kini adalah Wali Kota Tomohon.

“Semua tahu, yang kerja sampai Jilly (JGE) jadi calon wali kota adalah perjuangan papanya, Pak Jimmy Eman,” kata Uly,  warga Tomohon Utara.

Akan tetapi, penetapan JGE-VB tidaklah mulus. Namun, memantik protes dari internal Partai Golkar Tomohon. Bahkan, protes datang dari pendukung militan Syerly Adelyn Sompotan (SAS).

Baca Juga :  Olly Lantik Tim Sukses Pemenangan CSWL Kota Tomohon

Pendukung Wakil Bendahara DPD I Partai Golkar Sulut itu menggelar protes. Bahkan, SAS sendiri dikabarkan menyebrang dan mendukung calon PDI Perjuangan. Baik di Pilkada Tomohon maupun Sulut.

Akan tetapi, kesolidan Partai Golkar Tomohon dinilai terselamatkan dengan legowonya Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP (MJLW) yang tak terakomodir sebagai kandidat Calon Wali Kota Tomohon 2020.

MJLW tak kecewa. Malahan, srikandi yang dikenal akrab dengan kader Beringin Kota Bunga ini, maju dan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Tomohon melalui Musda pada 26 Agustus lalu.

MJLW oleh kader Golkar Tomohon dianggap mampu menyatukan kader dan simpatisan Beringin Kota Tomohon, yang terkoyak pasca penetapan Paslon Pilkada Tomohon 2020.

Meski demikian, paslon CS-WL jangan di pandang sebelah mata. Sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tomohon, CS yang dua periode Wakil Ketua DPRD Tomohon punya massa militan.

Begitu pun WL, yang dua periode anggota DPRD Sulut ini. Pria yang berlatarbelakang pengusaha cengkih ini dikenal berjiwa sosial yang tinggi.

Penulis: Herly Umbas

News Feed