oleh

Bertambah Lagi Ini Data Covid-19 Tomohon

Tomohon, Fajarmanado.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease-19 (Covid-19) Pemerintah Kota Tomohon melalui Juru Bicara (jubir) Yelly Potuh SS, mengatakan berdasarkan informasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah diverifikasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Tomohon, maka Kasus Konfirmasi Positif di Kota Tomohon kembali bertambah 5 kasus baru. Sehingga total jumlah Kasus Konfirmasi Positif kini tercatat sebanyak 218 kasus (sebelumnya 213 kasus) yang tersebar
di semua Kecamatan yang ada di Kota Tomohon, terdiri dari 13 orang sedang dirawat di RS, 80 orang sedang dirawat mandiri di rumah,116 orang sembuh selesai isolasi, dan 9 orang meninggal dunia.

Dikatakannya pula, Pasien yang sudah dinyatakan sembuh, masih harus menjalani isolasi mandiri minimal 14 hari. Dan seperti sebelumnya, Gugus Tugas akan melakukan penyemprotan disinfektan terhadap rumah tempat tinggal dan lingkungan sekitar rumah dari pasien Terkonfirmasi Positif yang baru, melalui koordinasi dengan pemerintah sempat.

“Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon akan terus melakukan proses tracking bagi mereka yang terdata sebagai Kontak Erat, yaitu mereka yang memiliki riwayat kontak dengan Kasus Probable atau Kasus Konfirmasi Positif. Kepada masyarakat yang telah dan akan dihubungi oleh pihak Dinas Kesehatan, kiranya dapat bersikap kooperatif / bekerja sama dengan baik untuk mengikuti semua prosedur dan protokol yang telah ditetapkan, demi kebaikan kita bersama,” imbuh Jubir, melalui keterangan tertulis yang diterima media ini. Kamis (30/07/2020)

Lanjut Jubir, kasus Suspek bertambah 5 kasus baru, sehingga total jumlah Kasus Suspek di Kota Tomohon kini tercatat sebanyak 23 kasus (sebelumnya 18 kasus). Perlu disampaikan kepada masyarakat Kota Tomohon bahwa status seorang pasien sebagai Suspek berdasarkan diagnosis awal belum berarti yang bersangkutan Positif COVID-19, namun sebagai upaya pencegahan maka pasien tetap ditangani sesuai protokol COVID-19 sebelum diterimanya hasil Swab Test. Kita selalu berharap hasil Swab Test pasien adalah Negatif, namun jika pun hasilnya Terkonfirmasi Positif maka pasien sudah ditangani sesuai protokol yang berlaku.

Untuk itu, Jubir mengajak, marilah kita selalu berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar pandemi ini segera berlalu, kemudian secara bersama-sama kita lawan dan putuskan mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Tomohon dengan cara tetap mematuhi maklumat dan himbauan pemerintah serta tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti :

• menghindari kerumunan atau berkumpulnya orang dalam jumlah
banyak baik di dalam maupun di luar ruangan, termasuk di lokasi
perkebunan yang jauh dari pemukiman warga

• menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dengan orang lain

• selalu menggunakan masker dengan benar saat beraktifitas di luar
rumah

• rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan
hand sanitizer

• tidak menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan

• tingkatkan imunitas tubuh dengan cara makan makanan yang bergizi,
mengkonsumsi vitamin seperlunya, istirahat yang cukup, berolahraga
secara teratur, dan berpikir positif

• terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

 

News Feed