oleh

Terkait Kasus Pembunuhan Wartawan di Sulbar, Besok Wartawan Tomohon Rapatkan Barisan Menggelar Aksi

Tomohon, Fajarmanado.com – Terkait kasus pembunuhan wartawan media online yang terjadi di Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), yakni Demas Laira, yang diduga dibunuh karena saat ditemukan telah tewas dengan belasan luka tusukan mengundang respon dari berbagai kalangan, terlebih para wartawan di seluruh indonesia.

Setelah mendengar kejadian itu melalui berita di berbagai media, sontak saja langsung menimbulkan respon oleh Wartawan yang bertugas di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tomohon.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tomohon, John Paransi mengatakan seluruh wartawan yang melakukan peliputan di Kota Tomohon bakal menggelar aksi damai di Pusat Kota Tomohon tepatnya di Menara Alfa Omega (MAO), Sabtu, (22/8/2020) besok.

“Jadi aksi damai ini terkait adanya salah satu rekan wartawan media online di Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Demas Laira diduga dibunuh karena saat ditemukan telah tewas dengan belasan luka tusukan,” ujar Paransi.

Menurut Paransi tujuan aksi damai tersebut akan meminta aparat kepolisian yang menangani kasus pembunuhan oleh rekan wartawan agar secepatnya mengungkap dan menangkap pelaku.

“Dalam aksi nanti kami akan mempertegas soal Kebebasan Pers yang merupakan hak yang diberikan oleh konstitusional atau perlindungan hukum yang berkaitan dengan media dan bahan-bahan yang dipublikasikan. Dimana, melalui kebebasan pers masyarakat akan dapat mengetahui berbagai peristiwa, termasuk kinerja pemerintah, sehingga muncul mekanisme check and balance, kontrol terhadap kekuasaan, maupun masyarakat sendiri,” jelasnya.

Perlindungan terhadap Pers yang bertugas memberikan informasi kepada masyarakat menurut Ketua PWI Kota Tomohon ini harus lebih dipertegas.

“Sekali lagi, kami minta pelaku-pelaku yang melakukan kekerasan terhadap Pers apalagi sampai membunuh, harus diberi hukuman seberat-beratnya,” tandasnya.

News Feed