Korpri Tomohon Lakukan Penandatanganan MoU Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Tomohon, Fajarmanado.com – Penandatanganan MoU antara Korpri Kota Tomohon dengan BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota Korpri Pemerintah Kota Tomohon yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai III Kantor Setda Kota Tomohon, Kamis (30/7/2020).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Ibu Agnes Puji Hastuti selaku Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Minahasa dan Pemerintah Kota Tomohon diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir.Harold V Lolowang, MSc, dan didampingi pula Kepala Bagian Pemerintahan Ibu Jurike Pitoy, SH, M.Si.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Ir.Harold V. Lolowang, M.Sc menyambut baik dan bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini.

Kata Eman, dengan ditandatanganinya MoU Kerjasama antara Pemerintah Kota Tomohon dan BPJS ketenagakerjaan dapat membentuk suatu kerjasama dengan tujuan terlaksananya pemberian perlindungan jaminan sosial bagi anggota KORPRI Kota Tomohon dalam perlindungan terhadap anggota Korpri sesuai dengan payung hukum.

“Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi anggota KORPRI merupakan perlindungan yang bersifat dasar yang bertujuan untuk menjamin adanya keamanan, kepastian terhadap resiko-resiko sosial-ekonomi. kemudian yang dimaksud resiko sosial ekonomi yang ditanggung oleh program ini yakni sebatas saat terjadi suatu peristiwa kecelakaan, cacat dan meninggal yang dialami anggota korpri saat menjalankan tugas dilapangan,” jelas Lowang.

Dikatakannya, dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini yakni undang-undang no 40 tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial nasional, undang-undang 36 tahun 2009 tentang kesehatan, undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial.

Peraturan Presiden RI nomor 109 tahun 2013 tentang penahapan kepesertaan program jaminan sosial, peraturan pemerintah nomor 44 tahun 2015 tentang program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, peraturan pemerintah nomor 46 tahun 2015 tentang penyelenggaraan program jaminan hari tua, dan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Korps Pegawai Republik Indonesia (korpri) Kota Tomohon.

“Saya berharap dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh pegawai Korpri di Kota Tomohon,” pungkasnya.