Wali Kota Jimmy Eman Ikut Rakor Bersama KPK

Tomohon, Fajarmanado.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pencegahan Korupsi dengan gubernur bersama wali kota dan bupati serta sekretaris daerah se Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo, Rabu (15/7/2020).

Selain soal pencegahan korupsi, Rakor yang dilakukan melalui video conference tersebut, juga membahas tentang pengelolaan bank pembangunan daerah dan optimalisasi pendapatan daerah melalui Bank SulutGo.

Rakor merupakan bagian dari program koordinasi, monitoring dan supervisi KPK.

Oleh karena itu,  Maruli Tua Manurung selaku Kasatgas Korwil 1 KPK memaparkan, diantaranya area intervensi KPK melalui Korwil.

Area intervensi KPK, sebut Manurung, yakni perencanaan, pengadaan barang dan jasa, perizinan dan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi pajak daerah, manjemen aset daerah tata kelola dan desa.

Menurutnya, program khusus KPK tahun 2020 yakni fokus pada penanganan Covid, Optimalisasi BUMD dan Koordinasi program pencegahan korupsi.

KPK akan terus melakukan monitoring agar upaya-upaya pencegahan korupsi di daerah terus berjalan dan pentingnya peran aktif Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Menyangkut Kontribusi Bank SulutGo terhadap Pemda di Sulut dan Gorontalo yakni penempatan kasda di Bank Sulutgo, pemasangan alat monitoring transaksi untuk optimalisasi penerimaan daerah dan Kontribusi deviden terhadap APBD.

Dirut Bank SulutGo, Jeffry Dendeng, ketika memaparkan materi berjudul Dukungan Bank Sulutgo dalam pengolaan keuangan daerah, menyebutkan berupa dukungan inovasi produk untuk Pemerintah Daerah, Dukungan Informasi Teknologi, Dukungan Jaringan dan Layanan serta Optimalisasi Pendapatan Daerah.

Pemateri lainnya yakni Aida Zulaiha Kasatgas Korwil 3.

Secara keseluruhan rakor ini menekankan pada pencegahan korupsi dalam pengelolaan Bank Pembangunan Daerah melalui peningkatan peran Bank SulutGo.

Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA mengikuti VidCon Rakor besama KPK di kediaman wali kota, didampingi Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V Lolowang, MSc dan Kaban Pengelolaan Keuangan & Pendapatan Daerah Drs. Gerardus E. Mogi.

Penulis: Prokla Mambo

Editor : Jerry Michael