oleh

Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi Penerapan aplikasi Qlue

Tomohon, Fajarmanado.com — Wali kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA membuka secara resmi melalui video conference (VidCon) sosialisasi sistem informasi pemerintah daerah dan penerapan aplikasi qlue di Kota Tomohon, Rabu (8/7/2020).

Sosialisasi dipandu dari Command Center Pemerintah Kota) Pemkot)  Tomohon oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ir. Harold V. Lolowang, MSc.

Ada dua pemateri tampil secara virtual pada sosialisasi tersebut.  Yaitu Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendagri Asmawa Tosepu, AP, MSi dan Aditya Gilang Persada Budiman dari PT Qlue Indonesia.

Terpantau hadir pada kegiatan ini secara VidCon, adalah,  para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat, Para Lurah dan Para Operator Sistem Informasi Pemerintah Daerah

Asmawa Tosepu membawakan materi Integrasi Perencanaan dan Pengganggaran Dalam Pembangunan Daerah. Sedangkan Aditya Gilang memaparkan materi mengenai Fungsi dan Manfaat Aplikasi Qlue.

Baca Juga :  Digelar KPK, Wali Kota Tomohon Ikut Monev Pencegahan Korupsi Terintegrasi

Wali Kota Jimmy Eman menjelaskan bahwa Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permemdagri) Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah mengatur Sistem Informasi Pemerintahan daerah di bagi atas tiga.

Yaitu, Informasi Pembangunan Daerah (Si Bangda) e-planning, Informasi Keuangan Daerah (Si Keuda) e-budgeting, dan Informasi Pemerintahan Daerah lainnya.

Dikatakan, Pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri (Memdagri) memerintahkan percepatan implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) sebagaimana telah diatur dalam Permendagri 70/2019.

Beberapa ketentuan yang harus ditindaklanjuti oleh daerah, lanjutnya, antara lain, pertama, melakukan langkah-langkah percepatan melalui integrasi proses peryusunan perencanaan pembangunan daerah, dan pengelolaan keuangan daerah, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD), dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, pada satu platform sistem informasi pemerintahan daerah.

Ke dua, menetapkan bahwa platform digunakan adalah SIPD yang diakses melalui situs jaringan resmi Kementerian Dalam Negeri yaitu: https://sipd.kemendagri.go.id.

Baca Juga :  Gelar Rakorev Pembangunan 2020 Kota Tomohon, Ini Kata Wali Kota Jimmy Eman

Selanjutnya dalam sosialisasi penerapan aplikasi Qlue di Kota Tomohon, Jimmy Eman mengatakan, pengembangan aplikasi berbasis smart phone yang diberi nama clue merupakan aplikasi yang di buat untuk menawarkan sebuah solusi yang menggabungkan teknologi dengan masalah lingkungan.

Solusi utama yang diharapkan adalah memanfaatkan laporan-laporan yang masuk dari masyarakat ke pemerintah untuk segera ditindaklanjuti. Sehingga terjadi sebuah perubahan kota ke arah yang lebih baik.

Wali Kota juga memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para narasumber dan penyelenggara kegiatan ini .

Ia berharap kegiatan ini akan memberikan dampak yang luas bagi Kota Tomohon dalam penyelenggaraan Smart City di lingkungan pemerintahan, sosial kemasyarakatan serta pelayanan prima kepada khalayak umum.

Penulis: Prokla Mambo

Editor : Jerry Michael

News Feed