oleh

Dicanangkan Roy Roring, Desa Kanonang Satu Jadi Kampung Mantap Covid 19

Kawangkoan Barat, Fajarmanado.com — Inovasi Pemerintah Desa (Pemdes) Kanonang Satu, Kecamatan Kawangkoan Barat mengelola Bantuan Langsung Tunai dan menangkal pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid 19 berbuah manis.

Desa yang dipimpin Hukum Tua (Kumtua) Lucky Kasenda, SE ini akhirnya dijadikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa sebagai Kampung Mantap Covid 19 atau Kampung Mapalus Tangguh Covid 19.

Pencanangannya pun, yang digelar melalui acara serimoni, dilakukan Bupati Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, MSi didampingi Kapolres AKBP Denny Situmorang, SIK dan Kadis Kesehatan dr. Maya Rambitan, MKes, Kamis (2/7/2020).

Bupati Roy Roring, demikian orang nomor satu di Minahasa ini akrab disapa, menyatakan apresiasi yang tinggi atas berbagai upaya dan inovasi Pemdes bersama BPD dan masyarakat Kanonang Satu dalam menangkal pandemi Covid 19 dan pengelolaan BLT Dana Desa di tengah pandemi.

“Sehingga hari ini kita mencanangkan Kampung Mantap Covid-19 atau Kampung Mapalus Tangguh Covid-19 Desa Kanonang Satu,” kata ROR, sapaan akrab Bupati Minahasa.

Meski Desa Kanonang Satu bersama empat desa lainnya di Kanonang Raya yang berada di satu hamparan pemukiman belum ada seorang pun terkonfirmasi positif Covid 19, namun Bupati Roy Roring mengajak agar masyarakat tetap waspada.

Data yang dirilis Tim Gugus Tugas Covid 19, pasien terkonfirmasi positif Corona masih terus bertambah. Karena itu, patuhilah terus protokol kesehatan. Pakai masker apabila terpaksa ke luar rumah, menjaga jarak dan rajin cuci tangan pakai sabun.

Bupati Roy Roring mengungkapkan bahwa sekarang ini Pemkab Minahasa sedang mengkaji dan mempersiapkan penerapan kehidupan kenormalam baru atau new normal. 

Kemungkinan penerapannya, segera dibahas dalam rapat bersama Forkompinda dan Tim Gugus Tugas.

Untuk itu, bupati menghimbau agar semua pemerintah desa dan kelurahan bersama masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan agar warga Minahasa tidak ada lagi yang terpapar virus corona.

“Jadi saya mengharapkan kepada masyarakat lebih waspada, dan anjuran pemerintah di Desa-Desa terus ditingkatkan lagi agar penyebaran Covid-19 bisa ditangkal,” imbuhnya.

Bupati Roy Roring juga sangat mengapresiasi kebijakan Pemdes Kanonang Satu dalam penyaluran BLT Dana Desa. Hanya diberikan kepada keluarga yang tidak produktif. Sedangkan keluarga produktif dimasukkan dalam kelompok pemberdayaan.

Seperti diberitakan Fajarmanado.com pada 23 Mei 2020, penerima BLT Dana Desa Kanonang Satu hanya berjumlah 34 keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang rata-rata Lansia dan penderita kronis. namun 70 keluarga terdampak lainnya menerima modal kerja dari program pemberdayaan melalui lima kelompok tani.

Acara pencanangan yang berlangsung di Gapura Desa Kanonang Satu tersebut diwarnai dengan penyerahan bantuan hand sanitizer, face shield, masker dan vitamin kepada para Kumtua dan perangkat lima desa Kanonang Raya dan peninjauan Pasar Mapalus Mantap Covid 19, pasar desa yang berada di sisi jalan Drs. AJ Sondakh yang membentang menuju Bukit Kasih Kanonang.

Acara yang diawali laporan Kumtua Lucky Sondakh SE itu, didampingi Ketua TP PKK Desa Kanonang Satu dr. Desy Pantow, yang juga Ketua Puskesmas Kawangkoan Barat ini, juga dihadiri Kajari Rahmat Budiman Taufani, SH, MKn. Ketua PNTondano ST dan Iko Sudjatmiko, SH, MH.

Terpantau hadir pula, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minahasa Dr. Denny Mangala, MSi dan sejumlah pejabat Pemkab Minahasa, Camat Kawangkoan Barat Meidie Keintjem, SPd, MM dan Camat Kawangkoan, yang juga mantan Camat Kawangkoan Barat Eightmi Johanna Moniung, SH serta para Kumtua Kanonang Raya.

Penulis: Herly Umbas

News Feed