Jimmy Eman Serahkan Bansos, 14.205 Keluarga Terdampak Corona

Tomohon, Fajarmanado.com — Wali Kota Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA menyerahkan bantuan sosial (Bansos) Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon kepada keluarga ekonomi lemah, termasuk bagi 14.205 keluarga yang terdampak pandemi virus corona atau Covid 19.

Bansos didistribusikan ke semua 44 kelurahan yang tersebar pada lima kecamatan setelah secara resmi diserahkan di Kantor Kecamatan Tomohon Tengah, Senin(27/4/2020)

Wali Kota Tomohon Jimmy Eman menjelaskan,
sesuai data yang disampaikan oleh 44 Kelurahan ke Dinas Sosial, penerima bantuan berjumlah 23162 Kepala Keluarga yang berada di Kota Tomohon.

“Hal ini sesuai matriks bantuan sosial di Dinas Kesejahteraan Sosial,” katanya melalui media virtual dari kediaman Wali Kota Tomohon.

Sesuai matriks, maka Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DKTS) berjumlah 9.436 Kepala Keluarga (KK), PKH 4005 KK, Sembako 5488 KK,Bansos Tunai 3.249 KK, RASTRADA 220 KK.

“Bantuan Bagi Keluarga Yang Bukan Penerima Upah Tetapi Berdampak Covid 19 sebanyak 14.205 KK,” jelasnya.

Wali Kota Jimmy Eman mengingatkan supaya bansos harus diterima langsung oleh setiap keluarga sesuai data.

Pengawasan bantuan sosial ini, lanjutnya, melibatkan masyarakat, Indpektorat, Kejaksaan, Kepolisian dan media serta lembaga terkait lainnya agar bantuan yang diserahkan tepat sasaran dan merata di 5 kecamatan.

Paket bansos bapok yang diserahkan berupa 6 kilogram (Kg) beras, 3 liter minyak goreng, 1 Kg Gula Pasir, dan 12 butir telur ayam.

“Bantuan sosial ini akan diserahkan dua tahap yakni bulan April dan selanjutnya bulan Mei.
Penyaluran tetap memperhatikan protokol dalam pencegahan Covid 19,” ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah penyaluran dana bantuan bukanlah jumlah yang sedikit. Namun, ini merupakan bukti konkret komitemen pemerintah dalam menanggulangi dampak sosial dari Covid 19.

“Saya harapkan masyarakat agar tetap displin dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19 dan mengikuti maklumat pemerintah dan lembaga terkait lainnya agar kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit ini,” paparnya.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati karena menyesal kemudian tiada gunanya,” tandasnya mengingatkan.

Penyaluran bansos bapok ini sontak mendapat respon masyarakat. “Mewakili keluarga-keluarga dan masyarakat Penerima Bantuan Sosial ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Tomohon Jimmy Eman yang telah memberikan perhatian dan kepedulian yang tinggi kepada masyarakatnya,” ujar Rita, ibu rumah tangga ini.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Jimmy Eman menyampaikan laporan kepada unsur terkait diantaranya Kapolres dan Kajari serta para audiens lainnya tentang data terkini jumlah pasien Covid-19 di Tomohon .Yakni, 5 orang positif, baik sementara di rawat di rumah sakit,maupun yang telah sembuh atau yang meninggal.

Tampak hadir pada acara penyerahan yang tetap memperhatikan protap kesehatan, antara lain, Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompoton, unsur Forkopimda Kota Tomohon, serta pihak-pihak terkait lainnya.

Penulis: Jerry Michael