Tanggapi Keluhan Soal Air Bersih, Pemkot Plot Anggaran di 5 Kecamatan

Tomohon, Fajarmanado.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menanggapi keluhan soal ketersediaan air bersih. Hal itu diwujudkan dikonkretkan dengan memplot anggaran untuk proyek air minum di lima Kecamatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tomohon Joice Taroreh ST MSi, melalui Kepala Bidang Cipta Karya Besty Ester Waworundeng ST MSi mengatakan anggaran di tahun 2020, ada 5 paket proyek terkait dengan air minum.

Ke lima paket tersebut adalah, pertama pembangunan SPAM Mata Air Terlindungi di Kecamatan Tomohon Utara dengan dananya sekitar Rp3,5 Miliar, SPAM Mata Air Terlindungi di Kecamatan Tomohon Selatan sekitar Rp.2,8 Miliar, 3 Sumur Bor di kecamatan Tomohon Timur, Tomohon Tengah dan Tomohon Barat, masing-masing sekitar 500 juta rupiah.

“SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) ini sistemnya adalah air dari mata air dikumpul dalam bak penampungan, kemudian dialirkan melalui pipa transmisi menuju daerah permukiman, kemudian di daerah permukiman disambung  ke pipa distribusi dan dialirkan ke rumah rumah melalui Sambungan Rumah atau SR,” kata Kabid Waworundeng kepada wartawan di Tomohon, Senin (2/3/2020).

Terpisah, Wali akota Tomohon Jimmy Feidi Eman SE Ak CA menjelaskan, program ini merupakan bentuk kepedulian Pemkot Tomohon untuk menambah aksesibilitas air minum kepada masyarakat Kota Tomohon.

Untuk itu, lanjutnya, sasaran utama dari program ini adalah masyarakat yang belum mendapatkan akses air minum untuk kebutuhan sehari-hari.

“Proyek air minum ini memang diproyeksikan tersebar di lima Kecamatan di Kota Tomohon, agar kebutuhan masyarakat terkait dengan air minum dapat tertangani dengan baik,” ujar Eman.

Diketahui, proyek ini akan dilelang pada Bulan Maret ini, sedangkan untuk kontrak akan dimulai sekitar bulan April 2020.

Penulis: Prokla Mambo