Wow..! FHC Kemenkes, Dinkes dan RSUP Kandou Layani 1.290 Pasien, 43 Dioperasi di 3 Pulau Terpencil

Melonguene, Fajarmanado.com — Program kesehatan nasional melalui Flying Health Care (FHC) atau pelayanan kesehatan bergerak di tiga pulau terpencil, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara 2019 sangat spektakuler.

Kolaburasi Kementerian Kesehatan, RSUP Prof RD Kandou Manado bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut dan Kabupaten Kepulauan Talaud  selang 13-17 Mei 2019 berhasil menangani 1.290 pasien di Pulau Karatung, Kakorotan dan Marampit, Talaud. Bahkan, 42 di antaranya mendapat tindakan operasi.

Kabupaten Kepulauan Talaud mulai tanggal 13 hingga 17 Mei 2019 berhasil melayani 1290 pasien termasuk melakukan tindakan operasi kepada 42 pasien.

FHC yang 27 dokter, baik umum maupun spesialis itu, menyasar provinsi yang memiliki daerah terpencil, sangat terpencil dan kabupaten/kota yang kekurangan tenaga dokter spesialis. Terpilih di Sulut tak lain tiga pulau terlencil yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Filipina.

Karena itulah,  pelayanan kesehatan yang dilakukan tim FHC di Talaud, terdiri dari, pelayanan kesehatan umum dan pengobatan, pelayanan kesehatan spesialistik THT, kebidanan, kandungan untuk kesehatan reproduksi, pelayanan bedah, penyuluhan gizi dan penyakit tidak menular dan screening penyakit tidak menular dan stunting.

Kemudian, pelatihan pengembangan kesehatan tradisional dgn TOGA dan kelompok Asuhan Mandiri pemanfaatan TOGA dan akupresur sederhana, pelayanan KB, pelaksanaan inisiasi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pelayanan KIA dan promkes dan pemantapan program imunisasi.

Tiim pelayanan FHC yang berjumlah 27 orang, terdiri dari 12 orang dari pusat, 10 orang dari Dinkes Sulut dan RSUP Kandou serta 5 orang dari Dinkes Talaud ini, turut melayani pemeriksaan IVA yang diikuti 70 pasien.

Rilis Humas Pemprov Sulut selanjutnya mengungkapkan, seluruh pasien mengapresiasi pelayanan FHC.

“Pasalnya, pelayanan FHC mempermudah masyarakat yang tinggal di daerah terpencil untuk mendapatkan pelayanan dan bebas biaya,” demikian dilansir dari Humas Pemprov Sulut, Jumat (17/5/3019).

Masyarakat di tiga pulau sasaran program FHC juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Olly dan Wagub Kandouw atas terlaksananya pelayanan kesehatan bergerak hingga menjangkau masyarakat Talaud.

Editor : Herly Umbas