oleh

Bupati ROR Kunjungi Kapal Militer Milik AS

Tondano, Fajarmanado.com —  Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring, MSi (ROR) mengunjungi Kapal Militer pengangkut logistik milik Amerika Serikat (AS) USNS Brunswick yang bersandar di Pelabuhan Peti Kemas Bitung pada Selasa (15/1/2019) tadi.

Bupati ROR berkesempatan naik dan melihat langsung keberadaan kapal militer AS tersebut, sambil didampingi oleh Commander Greg Adams U.S Naval Attache to Indonesia dan Captain Adam Streeper.

Dalam kunjungan ini Bupati yang fasih bahasa Inggris ini berdialog dengan Captain Adam Streeper. Mereka terlihat santai sambil berjalan  menelusuri kapal type Spearhead classex peditionary fast transport dengan panjang 103 meter itu.

Didampingi Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa, Drs Moudy Pangerapan MAP, Bupati ROR tidak meninggalkan kesempatan untuk melihat langsung ruang kendali dari USNS Brunswick, tempat pendaratan Helikopter, ruang makan dan fasilitas lainnya dari kapal tersebut.

“Terima kasih, ini suatu kehormatan bagi kami bisa melihat langsung dan mengetahui tentang Kapal perang dan pengangkut logistik USNS Brunswick,” ujar Bupati ROR.

Sementara itu, Captain Adam Streeper menyatakan merasa tersanjung karena mereka diterima dan disambut dengan baik di daerah Sulawesi Utara (Sulut).

“Di tempat ini kami disambut dengan baik oleh pemerintah setempat, apalagi masyarakat di Sulut sangat ramah dan bersahabat,” ungkapnya saat berdialog dengan Bupati ROR.

Menariknya, selama di Indonesia, USNS Brunswick hanya mengunjungi Sulut karena dianggap sebagai daerah yang aman dan nyaman.

Dari informasi yang didapat Kapal Perang USNS Brunswick (T-PF-6) ini adalah Kapal dengan type Spearhead classex peditionary fast transport dengan Panjang :103 m Lebar 28.5 m Draft 3.83 m, Propulsion 4x MTU 20V8000 M71L Diesel Engines, 4xZF 60000 NR2H Reduction Gears berkecepatan 43 knots dengan Kapasitas person 312 Crew dan Abk 26 orang.

Sebelum Bupati ROR dan rombongan, Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw, Senin (14/1/2018), kemarin, juga berkenan mengunjungi dan memantau langsung keberadaan kapal militer buatan tahun 2016 tersebut.

Penulis: Fiser Wakulu

News Feed