OD-SK Hebat..! Sulut Dinobatkan Provinsi Pembina Ormas Terbaik Nasional

Jakarta, Fajarmanado.com — Keamanan dan kodusifitas  Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang terus terjaga selama ini ternyata bukan isapan jempol belaka.

Faktanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, di bawah kendali Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Drs Steven Kandouw (OD-SK) dinobatkan sebagai yang terbaik melakukan pembinaan terhadap organisasi kemasyarakatan (Ormas) 2018.

Penilaian tersebut dikonkritkan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum  Kementerian Dalam Negeri (Polpum Kemendagri) dalam bentuk penghargaan Kategori Pembina Ormas Provinsi Terbaik 2018 di Hotel Redtop Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Penghargaan tersebut diserahkan Mendagri Tjahjo Kumolo kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE yang diwakili Kaban Kesbangpol Drs. Meki Marthen Onibala, MSi pada acara Forum Komunikasi Koordinasi Nasional dan Regional antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Organisasi Masyarakat.

Sementara, untuk kategori Pemda Pembina Ormas Terbaik, penghargaan tingkat Kabupaten diberikan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pasuruan, dan tingkat Kota kepada Kepala Badan Kesbangpol Kota Pasuruan.

Dalam acara itu, Kemendagri juga memberikan penghargaan kepada ormas-ormas yang dinilai memberikan dampak positif dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional, dalam berbagai kategori.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Soedarmo mengatakan, penganugerahan itu merupakan apresiasi pemerintah kepada ormas-ormas yang memiliki sumbangsih besar dalam pencapaian tujuan pembangunan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

“Tujuan dari penghargaan terhadap Ormas adalah menumbuhkan keinginan untuk memberikan sumbangsih yang lebih besar bagi kesatuan dan persatuan bangsa, menumbuhkan rasa cinta tanah air, terwujudnya hubungan kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat dan meningkatnya partisipasi dan keberdayaan ormas,” kata Soedarmo.

“Luar biasa berkat Tuhan untuk Pemda Sulut di bawah kepemimpinan bapak Gubernur dan bapak Wagub Sulut serta pak Sekprov sulut. Pemda Sulut mendapat penghargaan Pembina Ormas terbaik Se Indonesia yang diberikan oleh Mendagri,” komentar Onibala, yang mantan Pj Bupati Minahasa Selatan (Minsel) ini.

Penulis: Herly Umbas