DLH Tomohon Harap Warga Sekolah Jaga dan Lestarikan Lingkungan

Tomohon, Fajarmanado.com — Dinas Lingkungan Hidup (DHL) Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar Rapat Koordinasi Sosialisasi Program Adiwiyata Sekolah Berwawasan Lingkungan yang dilaksanakan di Aula Anugerah Hall, Kamis (17/5/2018).

“Sosialisasi program Adiwiyata bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan,” ujar Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE Ak dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Kota (Sekkot) Ir. Harold V Lolowang, MSc.

Wali Kota Eman menegaskan, pembersihan lingkungan sekolah tidak mungkin dilaksanakan orang lain tanpa peran serta dan kesadaran siswa sebagai peserta didik dan para guru sebagai pendidik.

“Diharapkan peran serta untuk memberikan pembinaan, arahan serta bimbingan dan selaku aparat pemerintah, pendidik atau guru dan orang tua kiranya dapat menjadi teladan bagi anak anak kita dalam mencintai dan melestarikan lingkungan hidup kota Tomohon, dan setiap warga sekolah agar ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif,” ujar Sekkot.

Sebelumnya, Kadis Lingkungan Hidup Kota Tomohon Novi A.H Politon, SE, MM dalam laporannya mengatakan bahwa dalam upaya perubahan perilaku yang peduli lingkungan pada manusia dalam kehidupan sehari hari, perlu adanya pendidikan yang merubah perilaku generasi sekarang agar nantinya mampu menjadi jawaban atas kekuatiran kita saat ini dan masa datang.

Politon menjelaskan, Pemkot Tomohon telah melakukan pembinaan terhadap sekolah-sekolah pada jenjang SD, SMP, SMA/SMK sampai tahun 2018. Jumlah sekolah keseluruhan berjumlah 108 sekolah dengan rincian SD 68 sekolah, SMP 24 sekolah dan SMA/SMK 17 sekolah.

Hadir sebagai narasumber Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Julianan Karwur, MKes, MSi, Kasie Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Sulut Richie Pakasi, SSi, Kasie. Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Nofrita Karongkong, SPd, MAP dan para peserta sosialisasi.

Penulis: Prokla Mambo