Digadang Maju Pada Pilkada Minahasa 2018, Ivansa Tetap Fokus Tunaikan Amanat Rakyat

Tondano, Fajarmanado.com – Meski pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa nanti dihelat tahun 2018 mendatang, masyarakat sudah ramai membicarakan siapa sosok yang pantas memimpin Tanah Toar-Lumimuut ini.

Nama Ivan Sarundajang (Ivansa) yang saat ini menjabat wakil bupati tak luput dari pergunjingan masyarakat.  Tak hanya itu, Bupati Minahasa saat ini Drs Jantje Wowiling Sajow (JWS) pun secara terang-terangan menantang Ivansa untuk maju memperebutkan Minahasa 1. “Ivansa sebaiknya maju sebagai calon bupati tidak lagi sebagai calon wakil bupati pada Pilkada 2018 mendatang,” ujar JWS belam lama ini.

Kepada wartawan, Ivansa mengaku jika saat ini dirinya masih fokus menunaikan amanah rakyat sebagai Wakil Bupati Minahasa. “Saat ini saya masih fokus dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai wakil bupati. Karena tugas ini adalah amanah yang harus dijalankan dan dipenuhi sampai akhir periode,” ujar Ivansa Rabu (1/3) tadi. Selain itu menurutnya, dengan kondisi Kabupaten Minahasa yang masih seperti ini, dirinya merasa belum saatnya memikirkan hal lain selain peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat Minahasa yang diyakini akan berdampak pada kemajuan daerah.

“Masih banyak yang harus dilakukan di kabupaten ini. Salah satunya adalah meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat. Karena kalau itu sudah tercapai, pasti membawa dampak positif buat Kabupaten Minahasa secara keseluruhan. Terkait Pilkada Minahasa 2018, belum waktunya untuk hal itu. Karena tahapan saja belum dimulai, lantas sudah bicara-bicara pencalonan. Tunggu saja waktunya,” jelasnya.

Ivansa juga mengatakan soal jabatan. Menurutnya, apapun jabatan yang diemban, entah sebagai bupati ataupun wakil bupati, akan dijalaninya dengan penuh tanggung jawab. “Apapun jabatan yang diamanahkan kepada saya akan saya jalani sepenuh hati. Intinya adalah untuk memperjuangkan kepentingan rakyat sampai akhir periode,” kuncinya.

Sebelumnya ramai diperbincangkan kalau Careig Naicel Runtu (CNR) sangat layak dipasangkan dengan Ivansa. Dengan konstalasi, Ivansa calon bupati dan CNR calon wakil bupati. Kekuatan mereka berdua diprediksi mampu menghadirkan kemenangan. Apalagi ada sosok populer dibelakang keduanya. Yakni SH Sarundajang (SHS) dan Stevanus Vreke Runtu (SVR). Dan rakyat Minahasa sudah tahu betul siapa mereka berdua. Selain CNR, figur-figur potensial yang dipandang layak disandingkan dengan Ivansa adalah James A Kojongian (JAK) serta Robby Dondokambey.

Pemerhati politik Minahasa Herry Plangiten mengatakan kalau saat ini figur Ivansa sudah sangat layak bertarung pada Pilkada Minahasa 2018 nanti. Karena menurutnya, Minahasa butuh darah muda namun berpengalaman demi mencapai cita-cita bersama yaitu kesejahteraan rakyat. “Namun demikian, pasangan juga sangat berpengaruh untuk meraih kemenangan. Karena itu, posisi siapa yang nantinya menjadi wakil bupati untuk dipasangkan dengan Ivansa, harus benar-benar paripurna dinilai dari berbagai sisi,” ujar Plangiten.

(fis)