“Kick Of Meeting” di Kota Palu, KPK Apresiasi Program Pemkot Tomohon

Palu, Fajarmanado.com – Wali Kota Jimmy Feldie Eman, SE.Ak menghadiri acara  “Kick od Meeting” Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Terintegritas di Auditorium Kantor Walikota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (2/02).

Kegiatan ini merupakan bentuk pendampingan oleh KPK bagi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam rangka pencegahan terjadinya kasus korupsi.

Pelaksanaan kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Tim Satgas Pencegahan Korupsi KPK Adlisah M. Nasution, Ketika itu, Nasution memaparkan hal-hal strategis masing-masing daerah yang membutuhkan bantuan dan pendapingan KPK, seperti masalah aset dan SDM, dalam rangka pencegahan korupsi sesuai dengan kewenangan KPK.

Kota Tomohon diundang dalam kegiatan ini, karena saat ini Tomohon merupakan satu-satunya kota di Sulawesi Utara (Sulut) yang telah menandatangani MOU dengan KPK untuk pelaksanaan E-Government dalam rangka pelayanan publik dan pencegahan korupsi.

Selain Pemerintah Kota Tomohon, Pemerintah Kabupaten Donggala, Kabupaten Morowali, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Tojo Una-Una, dan Kabupaten Sigi juga turut diundang dan mengikuti kegiatan ini.

Untuk enam bulan ke depan, KPK akan memantau tujuh daerah dalam pelaksanaan rencana aksi, dengan Target enam bulan evaluasim kemudian melauncingnya pada bulan ke delapan.

Dalam kegiatan tersebut Walikota Tomohon memaparkan tentang rencana aksi pencegahan korupsi terintegritas, Antara lain, membuat regulasi-regulasi pelimpahan wewenang untuk 17 perijinan dan 7 non perijinan di Kota Tomohon.

Eman juga menjelaskan Pelaksanaan e-Musrenbang yang sementara berlangusng di kelurahan se-Kota Tomohon, memberdayakan potensi daripada ASN maupun tenaga kontrak yang memiliki kompetensi, rencana pemasangan beberapa tower agar tidak ada lagi blank spot sehingga hal tersebut akan mendukung pelayanan yang berbasis aplikasi elektronik.

Disampaikannya bahwa pembangunan infrastruktur berupa tower dan perlengkapan jaringan lainnya telah dianggarkan dalam APBD 2017.

“Saya harap, tindak lanjut dari kegiatan KICK OF MEETING ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan lanjutan berupa progres meeting pada bulan Agustus 2017 di Kota Tomohon, sehingga bupati/walikota dan KPK dapat turut hadir dalam kegiatan TIFF 2017,” pungkas Eman.

KPK sangat mengapresiasi apa yang sudah dipaparkan oleh ketujuh daerah dalam rencana aksi pencegahan korupsi terintegritas.

Apresiasi yang besar diberikan kepada Kota Tomohon yang telah nampak progressnya, dilihat dari laporan yang secara langsung disampaikan oleh Walikota Tomohon, di mana nampak jelas apa yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tomohon melalui e-Government, dalam rangka mendukung program EMAS – smart city service untuk menciptakan kota cerdas.

Disela-sela pelaksanaan acara, Walikota Eman diundang Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo yang biasa disapa (Pasha Ungu) ke ruangan kerjanya untuk sharing mengenai pengembangan pariwisata.

Wawali Sigit Purnomo sangat mengapresiasi upaya Kota Tomohon dalam pengembangan pariwisata. “Tahun ini Insyah Allah saya hadir dalam acara TIFF di Tomohon” ujar Purnomo.

Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Inspektur Kota, Kepala Bapelitbang, Kepala BKPPD, Kepala BPMPTSP, Kadis Kominfo, Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Kabag Hukum, Kabag Perlengkapan, juga turut hadir mendampingi Walikota.

(prokla)